Waspadai SPBU ‘Nakal’, Antriaan Mobil dan Sepeda Motor Harus Terpisah

Senin, 21 Juli 2014 11:56

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Supaya terhindar dari kecurangan saat pengisian BBM, Pihak Dinas Peindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menghimbau pemilik SPBU untuk melakukan pengawasan ketat.

Selain itu, antrian sepeda motor tidak dicampur dengan mobil. Dengan tujuan menghindari munculnya celah bagi oknum pegawai SPBU untuk melakukan kecurangan.

“Ada laporan, saat selesai mengisi di tangki sepeda motor, ternyata oknum petugas SPBU langsung saja mengisi tanki mobil. Tidak dimulai dari nol, itukan kecurangan,” ujar Kepala Bidang Perdagangan Disperindag, Mas Irba H Sulaiman.

Untuk itu dirinya mengharapkan saat pengisian BBM untuk tidak mencampur antrian sepeda motor dengan mobil. “Supaya tidak memberikan peluang bagi oknum petugas untuk berbuat curang,” ujarnya Senin (21/07/2014).

Baca: Layani pembeli BBM dengan jerigen, SPBU terancam ditutup

Sambung Irba, Disperindag telah menurunkan anggota untuk melakukan pengawasan di titik SPBU yang rawan kecurangan. Apalagi mendekati jelang lebaran tingkat konsumsi BBM bakal meningkat. “Terkadang alasan petugas SPBU untuk menghindari antrian panjang bagus, kalau benar tidak masalah. Tapi untuk menghindari adanya kecurangan, kita himbau untuk menyamakan antrian sepeda motor dengan mobil,” tuturnya.

“Kita sudah menurunkan tim untuk memantau. Jika tertangkap tangan, akan kita langsung tegur, bahkan jangan salahkan kami untuk menutup SPBU tersebut,”tegasnya. Untuk itu diminta peran serta masyarakat bila mendapati adanya kecurangan ke nomor 082173954954. (riki)