Waspada, Baterai Ponsel Bisa Melembung & Meledak Sendiri!

Senin, 03 Februari 2014 13:00

BERTUAHPOS.COM, Insiden smartphone meledak atau terbakar mungkin bukan kejadian yang mengejutkan lagi. Tahun lalu beberapa unit Samsung Galaxy S4 diketahui meledak atau terbakar karena berbagai masalah.

Gambar di atas adalah baterai iPhone 3GS milik seorang penulis di website Letem Svetem Applem. Baterai itu terlihat seperti balon dan hampir saja meledak. Kerusakan fisik seperti itu kemungkinan juga kerap terjadi di beberapa handset.

Penulis yang tidak disebutkan namanya itu mengaku menggunakan iPhone 3GS sejak tahun 2009 dan mengatakan tidak pernah mengalami masalah apapun. Itu terjadi dengan sendirinya, baterai hampir memiliki ukuran dua kali lipat dari ukuran sebenarnya dan tampak hampir seperti balon yang diisi cairan.

Hal yang sama juga dialami pemilik iPhone 3GS lainnya yaitu seorang freelance web designer bernama Tim Beljavskis. Ia mengatakan ukuran baterai smartphone miliknya terlihat seperti balon dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Demikian seperti dikutip dari Ubergizmo, Senin (3/2/2014).

Baca: Sekolah Alam Rumbai Pekanbaru Didik Siswa Jadi Khalifah

Kemungkinan besar hal itu terjadi karena kedua iPhone 3GS tersebut sudah sangat lama digunakan dan memang harus dipensiunkan. Pasalnya cepat atau lambat, jika dipakai terus-menerus, kinerja baterai smartphone pasti akan menurun sehingga cepat panas.

Insiden iPhone meledak baru-baru ini menimpa seorang siswi di Maine, Inggris. Smartphone yang disimpan di saku celana jeans-nya itu tiba-tiba mengeluarkan asap dan akhirnya meledak. Namun untungnya, ia hanya mengalami luka bakar ringan. (isk/Liputan6.com)