Warga Bengkalis Resah dengan Ulah PLN

Rabu, 17 Februari 2016 15:36

BERTUAHPOS(BPC),BENGKALIS – Pemadaman listrik  yang terus terjadi di kabupatan Bengkalis membuat warga resah. Pemadaman ini terjadi karena rusaknya  mesin  pembakit listrik di daerah itu, sehingga terjadi kekurangan daya sebesar 2 megawatt.

Manajer PLN Rayon Bengkalis  Lubbertri Hartoko  mengatakan, belum bisa memastikan kapan unit pembangkit Mega Power tersebut selesai diperbaiki.”Jadi kita terpaksa melakukan pemadaman bergilir. Pemadaman yang terjadi  antara pukul 17.00 WIB – 23.00 WIB dengan pola padam 7 banding 1, yaitu nyala 7 hari dan padam 1 hari. Pemadaman bergilir ini akan terus berlangsung hingga mesin pembangkit tersebut bisa beroperasi kembali. Mengingat kerusakannya cukup parah,” ujar Hartoko, Rabu(17/02/2016)

Dikarenakan kurangnya daya membuat  pihak PLN harus melakukn pemadaman bergilir. Hal ini dilakukan  karena beban daya yang dihasilkan tidak bisa memenuhi kebutuhan pelaanggan.

“Gangguan cukup berat jadi harus dilakukan MO (Mayor Overhaul atau turun mesin,red). Hari ini rencana baru mulai perbaikan mesin. Untuk saat ini seluruh unit mesin pembangkit yang ada telah beroperasi maksimal

Baca: Menteri PAN-RB Mengawali Kunjungan Hari Ini di Payakumbuh

Hartoko mengatakan lagi saat ini pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pimpinan wilayah PLN Riau, untuk mempercepat realisasi penambahan daya di Pulau Bengkalis.  Intinya, agar PLN segera memenuhi kebutuhan listrik di daerah ini. Segera, dan dalam waktu dekat akan melakukan koordinasi ke PLN wilayah.

“Untuk kebutuhan daya listrik terutama di Pulau Bengkalis belum ideal. Saat ini, kapasitas daya yang ada hanya 15,8 MW sedangkan pada beban puncak mencapai 17,8 MW. Ujarnya lagi.

Sementara itu rencana penambahan 3 megawatt sudah ada. Di Pulau Bengkalis dengan daya seperti itu masih belum ideal, jika ada penambahan mencapai 20 megawatt untuk sekarang, baru bisa normal.

“Kebutuhan daya listrik dalam kurun waktu setiap tahun di Pulau Bengkalis diperkirakan terus bertambah sebesar 1 MW. “Kondisi seperti itu memang harus ada solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan daya listrik bagi masyarakat di pulau ini karena dalam setiap tahun terus bertambah,” katanya lagi.

Heru Wahyudi selaku Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis mengharapkan kepada pihak PLN  Ranting Bengkalis  agar segera  merealisasikan rencana penambahan daya krisis listrik di kabupaten itu khususnya di Pulau Bengkalis segera diatasi. Saat ini, daya yang disuplai kepada pelanggan dinilai masih belum ideal.

Hingga saat ini listrik dikabupaten Bengkalis belum mencukupi, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat  Kabupaten Bengkalis. Sehingga saat ini mayarakat masih merasa resah karena listrik yang padam ini. Bagi masyarakat bengkalis diharapkan bisa bersabar, menanti perbaikan mesin dari pihak PLN Ranting Bengkalis. (Sifa)