Wabup Bengkalis Buka Acara Deklarasi Desa Stop BABS

Kamis, 24 Maret 2016 17:58
Wabup Bengkalis Buka Acara Deklarasi Desa Stop BABS

BERTUAHPOS.COM (BPC), BENGKALIS– Dalam rangka   Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan  (MDPT) UED-SP, yang di padukan dengan acara  Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar  Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis H Muhammad, menghimbau seluruh masyarakat diwilayah berjuluk Negeri Junjungan agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, salah satunya menggalakkan budaya tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Hal tersebut diungkapkan Muhammad saat membuka Deklarasi Desa Stop BABS di desa Air Putih, Rabu sore (23/03/2016). Menurutnya, apabila masih ada warga yang BABS, maka kita semua punya tanggung jawab untuk saling mengingatkan satu sama lain, termasuk jika hal itu dilakukan anak-anak.

Oleh karena itu, agar deklarasi stop BABS tidak hanya terkesan sebagai acara seremonial belaka, orang nomor dua di Bengkalis ini juga menghimbau kepada aparatur Pemerintahan Desa, bidan maupun tenaga kesehatan untuk secara aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

( Baca:UED SP Bengkalis Beri Hadiah Bagi Pemanfaatnya)

Baca: Deal, Perda Gratis Bayar Cetak KTP Ditandatangani

“Jangan pernah bosan untuk mengingatkan warga agar tidak melakukan kebiasaan yang tidak sesuai dengan pola hidup bersih dan sehat ini, “katanya.

Lebih lanjut Wabup Muhammad mengungkapkan, dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat yang baik dan benar, manfaatnya selain menjaga air semakin bersih dan udara semakin segar juga menjauhkan masyarakat daritimbulnya berbagai penyakit seperti diare, thypoid, hepatitis dan lain sebagainya.

“Sedangkan dari aspek ekonomi, kerugian yang ditimbulkan dari dampak buruknya sanitasi nilainya juga sangat besar” ungkapnya lagi.

Buang air sembarangan ini sangat berbahaya dan memiliki dampak buruk bagi massyarakat, diharapkan kepada orag tua, agar bisa mengingatkan dan mengajarkan anak agar tidak buang air besar sembarangan, serta memanfaatkan toilet atau wc yang ada.

Selain melatih anak agar  hidup bersih dan sehat, selain itu juga mendidik anak agar tidak mencemari udara dan lingkungan, serta menebarkan wabah penyakit.

Kegiatan yang dipadukan dengan Musyawarah Desa Pertanggungjawaban Tahunan (MDPT) tahun 2015 ini juga dihadiri anggota DPRD Riau Dapil Bengkalis, Dumai dan Kepulauan Meranti Abdul Vattah, Camat Bengkalis Djamaluddin dan Kepala BPMPD kabupaten Bengkalis, H Ismail. (Rls/sifa)
Â

Berita Terkini

Sabtu, 11 Juli 2020 21:18

Kalimat Inspirasi Para Tokoh yang Mendunia, Yuk Pelajari

#KALIMAT MENDUNIA

Sabtu, 11 Juli 2020 17:33

Fakta Tanah Gambut Riau, Terdalam di Dunia

#TANAHGAMBUT

Sabtu, 11 Juli 2020 17:22

2 BLK di Riau Akan Dikelola Pusat Pada 2021

#REGIONAL

Sabtu, 11 Juli 2020 15:29

Jaga Aset Penelitian dengan Digital

#KOMUNITAS

Sabtu, 11 Juli 2020 14:50

Kenapa UMKM Harus Manfaatkan Digital?

#VIDEO

Sabtu, 11 Juli 2020 12:19

Apa Itu TMC? Bagaimana Fungsinya?

#TEKNOLOGI #INSIGHT