Urus Beasiswa, Petugas Tidak Ramah Melayani Mahasiswa

Senin, 29 Februari 2016 11:12

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Hari terakhir dilakukannya registrasi pengajuan proposal permohonan beasiswa pendidikan di Pemprov Riau, antrean panjang dan padat harus dialami ribuan mahasiswa, demi mendapatkan beasiswa sebesar Rp 3,5 juta.

Anehnya, masih ada saja mahasiswa atau calon penerima beasiswa yang tidak tahu di mana tempat registrasi dilakukan. Ratna S, Mahasiswa disalah satu universitas ini sempat bertanya ke teman-temannya dimana lokasi registrasi. “Kami baru, jadi tak tahu. Sebelumnya tak pernah masukkan beasiswa,” katanya kepada bertuahpos.com, Senin (29/02/2016).

Ratna kebingungan saat mengisi formulir registrasi, sebab kata dia, petugas tempat pengambilan formulir tersebut tidak menjelaskan bagaimana prosedur pengisiannya, dengan alasan terlalu sibuk mengurus calon penerima beasiswa yang lain.

Pengalaman yang tidak menyenangkan justru dialami oleh Sholihat. Dia menyebutkan bahwa petugas pengesahaan registrasi sama sekali tidak ramah. “Salah tulis sedikit saja mereka marah-marah. Padahal masih bisa diperbaiki,” katanya.

Baca: Pengamat Hukum : Lapas Over? Segera Ubah Paradigma Berpikir Dalam Peradilan Pidana

Menurut dia, sikap seperti itu tidak seharusnya ditunjukan oleh petugas, mengingat bahwa itu adalah tugas dan fungsi pegawai memberikan pelayanan baik. Tahun sebelumnya, dia juga pernah ajukan beasiswa. Prosesnya tidak seperti saat ini. Dia melihat untuk pengajuan tahun ini memang lebih rumit dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Pemerintah Provinsi Riau melalui Biro Kesra, menetapkan bahwa tanggal 29 Februari, tepatnya pada hari ini, adalah hari terakhir dilakukanya proses registrasi. Dihari terakhir, jumlah mahasiswa yang melakukan proses regitrasi lebih banyak dari banding akhir pekan lalu.

Dia menyebutkan bahwa batas akhir pengajuan bantuan pendidikan untuk mahasiswa kurang mampu ini paling lambat hingga tanggal 29 Februari 2016 ini. Namun demikian, salah seorang petugas menyebutkan dirinya tidak mengetahui secara pasti, apakah pada hari libur, proses regitrasi pengajuan proposal bantuan beasiswaitu masih tetap dibuka atau tidak. Namun demikian, jika mengikuti jam operasional kerja, maka bisa dipastikan bahwa hari ini, proses regitrasi untuk ratusan mahasiswa itu tidak akan selesai.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau melalui Biro Kesra, menginformasikan bahwa tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau kembali mengucurkan lebih kurang Rp 4 miliar lebih untuk dana pendidikan. Pembukaan pendaftaran itu sudah berlangsung pada pertengahan Februari 2016 lalu.

Penulis: Melba