Udara Pekanbaru Tak Layak untuk Dihirup

Senin, 10 Maret 2014 10:57

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Tebalnya Kabut asap yang melanda Provinsi Riau, mengakibatkan udara menjadi tidak sehat. Berdasarkan tampilan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), Pekanbaru menjadi kota yang paling berbahaya di antara kabupaten kota lainnya di Riau. 

Kepala Bidang Kesehatan Provinsi Riau, Erdinal, saat ditemui bertuahpos.com diruangannya, Senin (10/03/2014) mengatakan, kondisi udara di Pekanbaru sudah tak layak untuk dihirup bagi manusia. 

 
“Arah angin menuju Pekanbaru, sehingga udara Pekanbaru menjadi berbahaya untuk dihirup,” ungkapnya.
 
Kondisi itulah yang menyebabkan jumlah penderita ISPA di Pekanbaru menjadi terbanyak. Data Dinas Kesehatan Provinsi Riau mencatat, jumlah yang terkana penyakit ISPA di Riau sudah mencapai 38.744 orang. 

Sementara itu, Kabid Promkes Kota Pekanbaru, Fachriani Putri mengatakan, pihaknya sudah mengintruksikan kepada seluruh puskesmas yang ada di Pekanbaru untuk siaga dalam menangani penyakit Ispa.

Upaya promotif prepentif penanggulangan kabut asap sudah dilakukan berupa membuat surat edaran, pembentukan posko/tim gerak cepat, pemasangan spanduk dampak kabut, bagikan masker, penyuluhan langsung dan melalui media online.

Baca: Ditinggal Meninggal Ibunda, UAS Sampaikan Permintaan Maaf

Sementara itu, upaya promotif kuratif dilakukan Dinkes Riau dengan mensiagakan puskesmas dan rumah sakit di tiap kabupaten/kota. Pembagian obat-obatan dan bakti sosial tim gerak cepat ke desa korban kabut asap.(syawal)