Tokoh Rantau Siap Pulang Bangun Kampung Halaman

Kamis, 25 Februari 2016 16:04

BERTUAHPOS.COM ( BPC), PAYAKUMBUH – Menjelang Pilkada serentak Jilid II  Februari 2017 mendatang, di Kota Payakumbuh, nama-nama beken sudah bermunculan. Mulai dari Bundo Kandung hingga tokoh perantau siap pulang kampung untuk ikut pertarungan memperebutkan posisi orang nomor wahid dikota berpenduduk 120 ribu jiwa itu.

Tidak hanya dari kalangan Politisi, tetapi juga dari berbagai latar belakang profesi dan keahlian. Mulai dari Akademisi, pengacara, pedagang, Akuntan, birokrat, Anggota DPRD hingga tokoh masyarakat tersohor. Salah satunya Radian Syam, SH, seorang tokoh rantau yang berkiprah menjadi akademisi sebagai Dosen di Universitas Trisakti Jakarta, dan juga sering kali berbicara di Mahkamah Konstitusi (MK), serta ikut merambah dunia akting dilayar Film Indonesia, siap pulang kampung.

Tokoh ramah dan murah senyum itu, diminta untuk pulang kampung oleh masyarakat Payakumbuh. Kemudian juga didorong oleh keinginan yang datang dari dalam dirinya untuk bisa memberikan pengabdian dikampung halaman Ranah Minang.

“Banyak tokoh-tokoh Payakumbuh, baik yang ada di kampung maupun rantau yang sudah siap membangun Payakumbuh ke depan. Salah satunya yang saya lihat Radian Syam, dia seorang tokoh akademisi sekaligus pengacara kondang. Tentunya berbekal pengalaman itu saya sangat yakin dirinya bakal bisa membawa perubahan baru bagi Payakumbuh kedepan,” jelas Tokoh Masyarakat Payakumbuh Nasrul Kenong, Kamis (25/02/2016).

Baca: Warga: Bukan Suudzon, Tapi Kok Bisa Mereka Punya Smartphone Mahal

Sementara Radian Syam sendiri ketika berkunjung ke berbagai elemen masyarakat Payakumbuh akhir minggu lalu mengaku siap mengabdi untuk kampung halaman. Bahkan dirinya juga sudah melakukan komunikasi intens dengan berbagai Partai Politik di Kota Payakumbuh.

Mulai dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hanura, Gerindra dan partai lainnya. “Kita terus akan melakukan silaturrahmi ke tengah-tengah masyarakat. Kemudian kita juga terus melakukan komukasi dengan Partai Politik,” jelasnya.

Radian Syam menyebut tidak ada target nomor satu atau dua, karena menurutnya untuk pengabdian kepada masyarakat tidak mengenal nomor berapa. Karena Walikota dan Wawako tidak akan bisa membangun Payakumbuh bila tidak ada dukungan nyata dari masyarakat Kota.

“Bagi kita baik nomor satu ataupun dua tidak jadi persoalan, yang pasti Walikota dan Wakil Walikota tidak bisa membangun berdua saja tanpa dukungan masyarakat. Jadi pengabdian itu kesuksesannya tidak ditentukan nomor, tetapi ditentukan sejauh mana masyarakat diikut sertakan dalam pembangunan,” sebutnya.

Dirinya juga mengaku siap memberikan pengabdian kepada masyarakat bila nanti dipercaya memimpin Payakumbuh. Disamping Radian Syam dan incumben Walikota H. Riza Falepi dan Wawako H. Suwandel Muchtar, juga santer di sebut-sebut nama Wilman Singkuan (Wakil Ketua DPRD Payakumbuh), YB. Dt. Parmato Alam (Ketua DPRD), Basri Latif (Angota DPRD), Hurisna Jumhur (Anggota DPRD), H. Ekos Albar ( pengusaha sukses di Jakarta) dan Supardi (Anggota DPRD Propinsi Sumbar).

Penulis : Khatik