TBS Turun, Harga Minyak Mentah Asia Melemah

Rabu, 22 April 2015 11:25

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Salah satu penyebab turunnya harga buah sawit Riau pekan ke tiga April diprediksi karena harga minyak mentah disesi Asia melemah 1,25 persen menjadi 56 dolar per barel sehingga harga minyak sawit juga ikut melemah.Â

Kasi Promosi dan Pemasaran Disbun Riau Rusdi mengatakan penyebab lain yang juga mempengaruhi harga TBS yakni rencana Malaysia untuk mengurangi biaya ekspor minyak sawitnya, membuat India dan Cina serta sebagai negara pengimpor terbesar lainnya menunda pembelian.

Advertisement

“Mereka menunda pembelian pada bulan mendatang untuk mendapatkan harga yang lebih murah,” tambahnya, Rabu (22/04/3015).

Dia menyebutkan kontrak CPO di Bursa Malaysia untuk kontak pengiriman bulan Juli, dibuka melemah 0,18 persen menjadi 2.142 ringgit dari penutupan sebelumnya pada harga 2.146 ringgit. Saat ini harga sedang bergulir pada level 2.137.

Baca: Jelang Puasa Pengendara Perlu Waspada Gepeng di Lampu Merah

Pada bursa Indonesia Commodity & Derivatives Exchange (ICDX), harga CPO kontrak Juli juga dibuka melemah tipis di harga Rp 7.895 dari penutupan sebelumnya di harga Rp 7.900. Saat ini harga bergulir pada kisaran Rp 7.895.

“Melimpahnya pasokan dari dalam negeri ditambah dengan turunnya daya beli negara tujuan ekspor. Kondisi ini menyebabkan para pembeli menahan aksi pembeliannya karena berharap harga komoditas akan terus turun,” tambahnya. (melba)

Â