TBS Diprediksi Naik Hingga Maret

Selasa, 25 Februari 2014 18:19
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Harga Tandan Buah  Segar (TBS) kelapa sawit pada Maret 2014 mendatang menunjukkan tanda-tanda akan terus naik tiap pekannya. Dalam pekan ini harga jual TBS mencapai Rp2.055,57 atau naik Rp 35,98 jika dibandingkan harga pekan lalu yaitu Rp 2.019,59/kg.
 
Sedangkan untuk harga Crude Palm Oil (CPO) sepekan ke depan juga naik dari Rp 9.016,83 per kg menjadi Rp 9.141,90. Dan harga PKO naik dari Rp 6.093,65 per kg.menjadi  Rp 6.260,61. 
 
Harga tersebut berdasarkan pada hasil rapat Tim Penetapan Harga Dinas Perkebuanan Riau, Selasa (25/2/2014) yang juga dihadiri oleh perwakilan petani yang tergabung ke dalam Aspekpir Riau, PTPN 5, PT. Musim Mas, PT. Asian Agri, PT. Tasmapuja, dan PT. Astra Agro Lestari dan PT Citra Riau Sarana.
 
Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs Zulher MS, menyatakan bahwa kenaikan ini murni karena turunnya produksi sawit atau trek dalam beberapa bulan terakhir. Treknya produksi dialami hampir seluruh perusahaan perkebunan maupun kebun masyarakat dan diperkirakan akan terjadi beberapa bulan ke depan. 
 
Turunnya produksi tentu berimbas kepada serapan buah yang diterima oleh Pabrik Kelapa Sawit (PKS). Dan pada akhirnya akan meningkatkan daya jual.
 
“Karena itulah diperkirakan Harga TBS akan terus naik dalam beberapa bulan ke depan,” terang Zulher. 
 
Untuk mengatasi turunnya produksi TBS menurutnya tidak dapat diatasi secara langsung, baik oleh petani, perusahaan, maupun pemerintah karena turunnya produksi merupakan salah satu siklus kelapa sawit. Kelapa sawit itu ada kalanya turun produksinya dan ada kala pula naik produksinya. 
 
“Secara teknis kita dapat meningkatkan produksi nantinya yaitu dengan memperbaiki kualitas pengelolaan kebun seperti menjaga pemupukan dan pemanenan yang sesuai dengan anjuran,” tambah Zulher. (syawal)