Tarif Transmetro Masih Rp 4.000

Jumat, 07 Februari 2014 16:22
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Rencana kenaikan tarif angkutan umum bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) masih belum diberlakukan hingga Jumat (7/2/2014). Menurut Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H.R. Dorman Johan, masih ada beberapa kendala terkait penentuan tarif baru yang tepat.
Â
Apalagi TMP merupakan angkutan model pelayanan publik. Maka harus hati-hati menetapkan tarifnya. Saat ini Peraturan Walikota (Perwako) soal tarif baru sedang dalam pembahasan proses regulasinya.
“TMP ini kan bentuk dari Public Service yang dikelola Pemko ( pemerintah Kota). Jadi kita bukan sekedar mikir bisnis oriented,” tambahnya. Sebelumnya direncakanan ada kenaikan tarif TMP pada awal Februari 2014, yakni menjadi Rp 6.500.  Namun subsidi sebesar Rp 2.500 masih berlaku untuk penumpang umum. Jadi penumpang umum masih dikenakan tarif lama, sebesar Rp 4.000 Sedangkan untuk mahasiswa dan pelajar diberikan subsidi yang berbeda. Mahasiswa disubsidi Rp 3500 sehingga tarifnya Rp3.000. Pelajar disubsidi Rp 4.000 sehingga tarifnya jadi Rp 2.500.
Â
Tarif tersebut pasti akan naik karena harus disesuaikan dengan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak(BBM), ongkos sewa bus dan gaji karyawa. “Tarif pasti naik, tapi kita tetap berikan subsidi. Kemungkinan paling lambat awal Maret diberlakukan tarif baru,” ujarnya. (Riki)