Tarif Listrik Naik Tahun Depan

Kamis, 05 September 2013 11:56
BERTUAHPOS, JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian ESDM mengusulkan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) tahun depan. Kenaikan tarif listrik ini dikhususkan untuk golongan tertentu, terutama untuk golongan orang kaya.
 
“Pemerintah mewacanakan ada kenaikan tarif listrik pada 2014, tapi untuk golongan tertentu saja, tidak semuanya,” ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman saat dihubungi, Kamis (5/9/2013).
 
Kenaikan tarif listrik ini, kata Jarman, dikhususkan untuk golongan kaya seperti mal (pusat perbelanjaan), rumah-rumah orang kaya yang bahkan punya kolam renang.
 
“Kenaikan tarif terutama untuk orang-orang kaya, mal dan pelanggan rumah tangga dengan daya besar, yang jelas yang konsumtif. Kalau industri tidak diwacanakan naik karena industri memberikan multiplaier effect yang besar, walaupun 25% subsidi listrik tahun ini sebesar Rp 86 triliun diserap industri,” ungkap Jarman.
 
Jarman menegaskan, intinya orang-orang kaya yang tidak perlu disubsidi, tidak perlu lagi diberi pemerintah subsidi listrik. “Intinya yang penting orang kaya jangan disubsidi,” kata Jarman.
 
(detik.com)