Tandatangani MoU Agustus 2015, Hingga Kini IKPP Masih Belum Suplai Daya ke Warga

Selasa, 01 Maret 2016 18:55

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Terkait seringnya terjadi pemadaman listrik di daerah Siak, PLN Rayon Perawang telah menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan PT.Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) terkait pembangunan Gardu Hubung (GH) untuk penyuplai daya bagi seluruh masyarakat Siak. MoU Sendiri telah ditandatangani sejak bulan Agustus 2015 Kemarin dan rencananya penyupalaian listrik akan dimulai Oktober 2015. Namun hingga kini, rencana tersebut belum juga terealisasi.

Menanggapi hal tersebut, Nantan Abas, Tokoh Masyarakat dan kepala desa di Kecamatan Tualang yang telah mengetahui Mou tersebut mulai resah, karena warganya sudah sangat berhaap besar pada kerjasama tersebut.

” Kita berharap apa yang telah terjalin di Mou dapat dilaksanakan sesegera mungkin sebelum masuk bulan puasa, masalahnya kan dibulan puasa nanti pasti listik sangat dibutuhkan,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan jangan ada permainan dalam hal ini sebab bagaimanapun  untuk kebutuhan masyarakat.

Baca: Video: Suka Narsis? Warung Ini Menyediakan Spot Keren

” Listrik sangat dibutuhkan oleh warga, jadi berharap kepada pimpinan utama IKPP untuk merealisasikannya segera, janganlah sampai ada permainan didalamnya,” tambahnya.

Ia juga menyebutkan jika tidak terealisasikan juga menjelang bulan puasa, maka dirinya membawa memanggil masa untuk menuntut hal tersebut.

( Baca : Siak Krisis Listrik, PLN Rayon Perawang Gaet IKPP)

“kalau tidak diaplikasikan kita akan terobos bersama warga dan LSM untuk menuntut itu, sebab sudah jelas semua itu dalam kesepakatan sebuah Mou,dan Mou juga sudah sampai ke Bupati,”sebutnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Desa Tualang, Jufrianto. Dirinya meminta agar PT IKPP melaksanakan perjanjian yang telah dibuat dalam Mou.

“kita berharap diimplementasikan apa yang tertera didalam Mou itu, bagaimanapun juga kan ini untuk masyarakat sekitar, jika tidak di implementasikan kami akan bawa keranah hukum lah sesuai perjanjian yang tertera dalam Mou itu,”terangnya.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Manajer PLN Rayon Perawang, pasalnya MOU yang telah tertuliskan pihak perusahaan bersama PLN Rayon Perawang yang akan menyuplay dayanya sebesar 20-40MW belum dilaksanakan hingga saat ini.

“Kesepakatan sudah terjalin sejak agustus 2015, dan penyuplayan rencana Oktober tapi belum terlaksana hingga saat ini, dan mereka pun tidak ada sosialisasi kepada pihak PLN dalam hal ini,”ujar Manajer PLN Rayon Perawang, Salman kepada kru bertuahpos.

Ditanya mengenai adakah sosialisasi ke warga terhadap kendala yang menyebabkan belum terwujudnya penyuplayan dari PT Indah Kiat, ini Abas selaku tokoh masyarakat mengungkapkan pihak IKPP tidak ada memberikan sosialisasi mengenai hal tersebut.

“sampai sekarang mereka tidak memberi penjelasan. Menanggapi hal itu, kami berharap pimpinan IKPP segera menerapkan sesuai yang tertera didalam Mou,”bebernya.

Ketika dikonfirmasi Humas PT.IKPP menyebutkan sedang menunggu Progres dari tim pelaksana yang menangani hal tersebut,”iya kita emang belum ada sosialisasi lagi kepada masyarakat dan PLN untuk akhir-akhir ini, sebab masih menunggu progres dari tim pelaksananya,”ujar Armadi ketika bertuahpos hubungi(1/3/2016).

Ditanya lebih jauh lagi kapan penyuplaian ini akan dilakukan dirinya mengatakan Dirinya akan kembali menghubunginya nanti,”untuk hal itu nanti saya hubungi kembali ya mbak,  ini lagi nunggu dari tim progresnya,”katanya.

Penulis : Ely