Tak Bisa Melarikan Diri dari Kobaran Api, Satu Keluarga Tewas

Sabtu, 28 September 2013 14:03
BERTUAHPOS, JAKARTA – Satu keluarga tewas dalam sebuah kebakaran di Jalan Utam RT 04 RW 11 No 16, Kelurahan Jelambar Baru, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Kepala Seksi Operasional Pemadam Kebakaran Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat, Agus Surya Mandala, mengatakan bahwa si jago merah melahap rumah pada Sabtu dinihari pukul 01.30 WIB.
Â
Rumah tersebut dihuni oleh Acay Hasan, 53 tahun, Mariana (50), Andika (26), dan Dominiq (8). Mereka adalah pasangan suami-istri, anak, dan cucu. “Keempatnya tewas terpanggang lantaran tak bisa melarikan diri saat api mengamuk,” katanya kepada wartawan, Sabtu, 28 September 2013.
Â
Saat kejadian keempatnya sedang tertidur pulas di lantai dua rumah mereka, sedangkan api berasal dari lantai satu. “Mereka tidak dapat menyelamatkan diri karena lantai dua rumah tersebut dipagari teralis besi,” ujarnya.
Â
Warga sekitar, lanjut Agus Surya, yang mendengar teriakan keluarga tersebut berusaha ingin menolong. Namun, karena lantai dua rumah mereka diteralis, warga tidak bisa berbuat banyak, sehingga mereka tidak bisa melompat. Akhirnya, satu keluarga terkurung api di lantai dua. “Bagaimana kami mau menolong, api sudah membesar di lantai satu?” ucap Agus menirukan suara warga.
Â
Untuk memadamkan api tersebut, pihaknya menurunkan 17 unit mobil pemadam. Amukan jago merah berhasil dijinakkan sekitar 20 menit setelah peristiwa. “Kejadiannya memang begitu cepat, sehingga kami juga tidak bisa menolong satu keluarga itu,” ucapnya. Beruntung api tidak meluas, mengingat wilayah sekitar merupakan pemukiman padat. Agus juga mengatakan, pemicu terjadinya kebakaran diduga karena hubungan arus pendek.
Â
Senada, Kepala Polsek Metro Tanjung Duren, Kompol Firman Andreanto, mengatakan pihaknya masih mendalami penyebab kebakaran. Hasil penyelidikan awal api diduga dari korsleting listrik. Sebab, tidak ada kegiatan di dalam rumah itu sebelum terjadinya kebakaran.
Â
Kini keempat korban meninggal sudah dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo guna diotopsi. Selain korban jiwa, peristiwa kebakaran tersebut juga menimbulkan kerugian ratusan juta rupiah. “Kebakaran juga menghanguskan sebuah mobil Toyota Avanza warna biru B 8437 MO dan motor Jupiter Z bernopol B 6561 BRS,” tuturnya.
Â
Â
Â
(tempo.co)
Â