Tahun 2014, Bantuan untuk Petani di Riau Bertambah

Rabu, 16 April 2014 18:11

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Drs H Zulher MS, menyatakan bahwa stimulus bantuan secara langsung kepada petani yang disalurkan oleh Disbun Riau pada tahun ini semakin meningkat dari tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkannya di sela-sela pengukuhan pengurus Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Riau periode 2014-2019 di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Rabu (16/4).

Pada tahun 2014, Disbun Riau menyalurkan dana APBN/APBD Riau untuk peremajaan kelapa karet seluas 4.850 hektar, peremajaan kebun sawit seluas 201 Hektar, Kelapa 600 hektar, Tanaman Sela Kenaf 1.000 hektar dan pengembangan sagu rakyat seluas 900 hektar.

“Belum lagi program yang secara tidak langsung dapat meningkatkan produktifitas petani. Seperti menjembatani petani dengan pihak perbankan dalam hal penyediaan dana untuk peremajaan kebun, perbaikan jalan usaha tani, sarana produksi, penyaluran pupuk bersubsidi bidang perkebunan, instrumentpengolahan hasil perkebunan, maupun yang lainnya,”terang Zulher.

Sedangkan untuk pupuk bersubsidi untuk sub sektor perkebunan Riau akan mendapatkan sebesar 62.600 ton yang terdiri dari Urea, SP 36, ZA, NPK, dan Organik.
Penyaluran bantuan tersebut akan dikawal oleh pendamping, supaya kegiatan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Baca: GAPKI Kupas Tuntas Cuaca Ekstrim di Riau

“Kita akui, masih banyaknya petani kita yang belum melakukan pengelolaan usaha perkebunan dengan benar. Untuk itu kita sediakan juga tenaga pendamping untuk petani,”papar Zulher. (syawal)