Sumbang Hotspot Terbanyak, Hutan Rohil itu Jadi Rebutan

Selasa, 05 Agustus 2014 17:36

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gubernur Riau (Gubri) Annas Maamun beralasan, masih banyaknya ditemukan titik api di kabupaten Rokan Hilir (Rohil) karena di Rohil merupakan satu-satunya kabupaten yang memiliki hutan terbanyak di Riau.

Sehingga banyak masyarakat maupun perusahaan yang tertarik dan berebut untuk menjadikan hutan di Rohil sebagai perkebunan ataupun hutan tanam industri. Demikian hal itu diungkapkan Gubri kepada wartawan, Selasa (5/8/2014).

Selain itu, tambah Annas, selama 7,5 tahun dirinya menjabat sebagai Bupati Rohil, sekali pun Annas mengaku tidak pernah meneken untuk memberikan rekomendasi  izin membangun dihutan yang ada di Rohil.

“Itu sebabnya Rohil hingga hari ini masih sering terjadi kebakaran karena hutannya banyak. Sehingga banyak orang berebut kerohil mengambil tanah lalu membakarnya,” ujarnya.

Baca: Pesawat Malaysian Airlines Hilang Kontak

Bahkan ada dua perusahaan perkebunan besar yang meminta izin hingga hari belum diberi izin. Perusahaan tersebut adalah PT Sumatra Riau Lestari dan PT Asam Jawa. Selain itu kata dia, PT Diamon Raya Timur yang bergerak di bidang hutan tanam industri seluas 51.000 ha  juga tidak diperpanjang lagi izinnya.

“Hutan disana masih lebat, makanya orang berebut kesana. sehingga kebakaran masih terus ada,” tandasnya. (syawal)