Status Gunung Raung Naik Jadi Waspada

Senin, 06 Januari 2014 16:11

BERTUAHPOS.COM, Bondowoso – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) secara resmi menetapkan status Gunung Raung, Bondowoso, dari normal menjadi waspada. Hal itu menyusul terjadinya peningkatan aktivitas sejak seminggu terakhir.

“Status itu secara resmi telah kami terima hari minggu kemarin,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Hary Patriantono kepada detikcom, Senin (6//1/2014).

Dia menjelaskan, berdasarkan data yang tercatat di PVMBG, dalam seminggu terakhir aktivitas vulkanik gunung berketinggian 3.332 mdpl tersebut terjadi peningkatan. Selain itu, gunung itu juga mengeluarkan asap kehitam-hitaman.

“Pada kondisi normal, biasanya asap yang keluar berwarna putih. Sekarang ini warnanya cenderung hitam pekat,” imbuh Hary Patriantono.

Baca: Ini Kota Paling Layak Huni di Indonesia

Oleh sebab itu, sebagai langkah awal pihak BPBD akan segera menyiapkan skenario evakuasi, jika sewaktu-waktu kondisi Gunung Raung terjadi peningkatan. Sejumlah posko di beberapa titik juga sudah didirikan.

Data yang dihimpun, sedikitnya ada empat kecamatan dan puluhan desa di Kabupaten Bondowoso yang bakal terdampak jika terjadi aktivitas Gunung Raung terjadi peningkatan.Yakni, Tlogosari, Sukosari, Sumberwringin, dan Sempol.

“Ada 5 desa di 2 kecamatan itu yang jaraknya paling dekat dengan kawah, sekitar 5 kilometer. Kami sudah minta kepada 2 camat tersebut untuk berkoordinasi dengan kepala desa itu agar memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkas Hary Patriantono.(detik.com)