SIEJ Gelar Lomba Karya Jurnalistik Lingkungan

Selasa, 15 April 2014 10:03

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ), menggelar lokakarya dan lomba karya jurnalistik lingkungan, Selasa (15/04/2014) di Hotel Pangeran Pekanbaru.


Tujuan diadakannya acara ini untuk menjawab tantangan bagaimana Mahkamah Agung dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia dapat berperan penting dalam penegakan hukum kejahatan lingkungan. Khususnya di tiga daerah terpilih yaitu Riau, Aceh dan Kalimantan Barat melalui kegiatan kampanye informasi publik.


“Kegiatan kampanye informasi publik akan fokus pada meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap keanekaragaman hayati. Terutama pada aspek hukum, dan mencoba untuk menciptakan peningkatan permintaan informasi oleh media dan wartawan kepada pengadilan. Terlebih lagi terhadap kasus-kasus yang berkaitan dengan keanekaragamn hayati,” ujar Adi, Direktur SIEJ.


Adi memaparkan, SIEJ ini melibatkan wartawan untuk mengikuti lokakarya tentang penegakan hukum dalam kasus-kasus keanekaragaman hayati. Selain itu juga diadakan lomba penulisan artikel lingkungan serta mengirimkannya ke media untuk dipublikasikan.

Baca: Korban Jiwa Terjangan Banjir Bandang Sentani Mencapai 50 Orang Hingga Siang Ini


“Penulisan ini diharapkan dapat merangsang diskusi publik tentang upaya untuk memerangi ancaman terhadap keanekaragaman hayati di sektor peradilan. Opini dan features ini akan menargetkan masyarakat umum melalui publikasi di media nasional serta audiens yang lebih khusus di setiap daerah yaitu Aceh, Riau dan Kalimantan Barat melalui publikasi pada media lokal,” terangnya. (syawal)