Sidang Lanjutan PT RAKA, Saksi dapat Rp20ribu per SKGR

Kamis, 14 Agustus 2014 16:26
BERTUAHPOS.COM, SIAK – Sidang lanjutan terdakwa Direktur PT RAKA, Andre alias Heri berlansung hari ini, Kamis (14/087/2014) di Pengadilan Negri Siak. Dalam sidang, Solihin, salah seorang saksi diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)  mengaku mendapat Rp 20 ribu per Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR).

Solihin yang saat ini merupakan mantan sekeretaris desa Rantau Bertuah mengaku telah menandatangani lebih dari 300 SKGR yang diserahkan kepada PT RAKA, atas perintah dari Muslim sebagai mantan Kepala Desa Rantau Bertuah.

Ratusan SKGR itu ditandatangani di tiga tempat yang berbeda. Yaitu di hotel Jatra Pekanbaru, di rumah Muslim dan di rumah Tarmizi Laso (Ketua Koperasi Sakai Lestari). Setiap kali usai menandatangani SKGR, Solihin langsung dibayar uang tunai oleh Direktur PT RAKA.

Kejadian berlangsung pada tahun 2008, dimana posisi Kepala Desa Rantau Bertuah sudah dipegang oleh Mini Purba.

Baca: Akbid Indragiri Lepas 76 Mahasiswa untuk Tugas Lapangan


Diceritakan Solihin, pada saat itu ia ke hotel jatra. Karena dirinya diutus muslim ke jatra untuk menyerahkan berkas SKGR. Ia pergi berempat bersama ketua RT bernama Darman, dan ketua RW bernama Jon Efendi beserta  Muslim sebagai mantan kades.

“Sebenarnya kalau menyerahkan SKGR sampai diantar ke sana itu bukan sebagai bentuk pelayanan. Tapi karena diperintah mantan pak kades, saya ikut saja,” ujarnya, 

Di dalam kamar hotel Jatra, Solihin dan ketiga orang lainnya menandatangati langsung 100 SKGR. Usai menandatangani itu, Dirut PT RAKA Andre langsung memberinya bungkusan uang sebanyak Rp 2 juta rupiah. Dan masing masing mereka yang ikut menandatangani semuanya diberikan bungkusan uang.

Dipaparkannya, kepergiannya ke Jatra tanpa sepengetahuan kepala desa yang aktif Mini purba. Kehadirannya ke hotel Jatra itu untuk menandatangani SKGR sebagai juru pengukur Tanah, dan ketiga lainnya sebagai jabatannya masing-masin”Sekitar jam 7an di Jatra kami langsung Ketemu Tarmizi Laso dan Andre di lobi hotel. Setelah itu kami langsung diarahkan ke kamar hotel,” ungkapnya.

Selanjutnya, tak berapa lama kemudian, Solihin dan yang lainnya kembali di panggil Muslim untuk datang kerumahnya.  Disana, mereka kembali menandatangani kembali SKGR sebanyak 100an lebih. Usai menandatangani SKGR, mereka pun kembali mendapatkan uang tunai dari Muslim.

“Persisnya gak tau berapa SKGR, saya rasa lebih lah 10an SKGR,” ucapnya.

Hanya berselang selama satu bulan, penandatangan SKGR yang ketiga pun dilakukan lagi di kediaman Tarmizi. “Disini kami dapat duit lagi dengan uang yang sama, dibayarkan oleh tarmizi,” terangnya. (syawal)

 

Berita Terkini

Selasa, 26 Mei 2020 09:26

8 Hotspot Muncul di Riau Hari Ini

#LINGKUNGAN

Selasa, 26 Mei 2020 05:32

Seluruh Pegawai di Pemprov Riau Wajib Masuk Kerja Hari Ini

#ASN #REGIONAL

Senin, 25 Mei 2020 20:00

Resep Bingka Telur Pandan

RESEP MASAK

Senin, 25 Mei 2020 13:05

Erick Thohir Minta BUMN Siap-siap dengan Skenario New Normal

#NEWNORMAL #BISNIS

Senin, 25 Mei 2020 12:35

Simak Rencana Pemerintah Soal New Normal untuk PNS

#NASIONAL #COVID-19

Senin, 25 Mei 2020 11:48

Indonesia Terlalu Gegabah Bersiap untuk New Normal

#NASIONAL #COVID-19