#SiapaBeraniLawanFirdaus, Zulfan Daftarkan Diri ke PDI-P

Selasa, 16 Februari 2016 17:07

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Nama-nama calon yang bakal maju dalam pemilihan wali kota (Pilwako) Pekanbaru terus mencuat. Salah satu bakal calon yang maju pilwako adalah Zulfan Hafiz yang mendaftarkan diri ke DPC PDI-P Pekanbaru.

Zulfan yang merupakan ketua DPD Nasional Demokrat (NasDem) Kota Pekanbaru tersebut, mencalonkan diri ke PDI Perjuangan Selasa (16/2/2016). Zulfan beserta rombongan diterima tim penjaringan yakni Said Muhdi dan Heri Pribasuki.

 “Formulir ini diambil terlebih dahulu untuk diisi sesuai persyaratan, dan nanti akan saya serahkan kembali,” ujar Zulfan.

Sementara itu, Ketua Tim Penjaringan PDI-P Pekanbaru Said Mahdi mengatakan, pembukaan pendaftaran penjaringan ini dimulai pada 14 Februari dan ditutup hingga 28 Februari mendatang.
“Untuk pengembalian formulir paling lambat 28 Februari nanti,” katanya.

Baca: Progres Pembangunan Rumah Sakit Pekanbaru Capai 5 persen

Dirinya, setelah penjaringan ini selesai, pihaknya akan melakukan verifikasi yang dilakukan oleh tim. “Sekitar April nanti sudah diketahui, siapa yang diusung PDI-P untuk menduduki kursi calon walikota ataupun wakil walikota,” tutupnya.

Pemerintahan Firdaus dan Ayat Cahyadi akan berakhir pada Januari 2017. Demikian yang dikatakan oleh Ketua KPU Kota Pekanbaru Abdul Razak. “Untuk masa pemerintahan wali kota dan wakil walikota akan habis pada 26 Januari 2017,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemilihan walikota (pilwako) Pekanbaru sendiri lanjut Abdul akan berlangsung pada Februari 2017 mendatang. Dikarenakan jarak yang pendek tersebut, maka pejabat sementara hanya berlangsung sebentar.

Selain itu tambahnya, KPU sendiri tentunya akan mempersiapkan tahapan-tahapan untuk pilwako tersebut. “Kami mulai mempersiapkan tahapannya di bulan juli 2016. Sebenarnya di bulan April nanti sudah dilakukan, tapi untuk resminya di bulan juli 2016. Jadi untuk persiapannya itu masih ada 9 bulan menjelang pilwako pada bulan februari 2017,” tutupnya.

Kendati masih ada jeda satu tahun lagi, beberapa nama sudah mulai muncul, sebut saja Septina Rusli, istri mantan Gubernur Riau juga dikabarkan bakal kembali bertarung setelah pada Pemilu tahun 2012, kalah dengan pasangan Firdaus-Ayat.

Ada juga nama Erizal Muluk, mantan Wakil Walikota Pekanbaru ini juga kabarnya juga siap maju. Lalu Sondia Warman, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru juga dikabarkan meramaikan perebutan posisi menjadi orang nomor satu di Kota Bertuah.

Selain nama-nama tersebut, Direktur Utama PD Pembangunan, Heri Susanto, dikabarkan juga akan maju. Bertarung pada Pilwako 2017. (iqbal)