Siang Ini Komisi III Jadwalkan Pemanggil BKD

Senin, 29 Februari 2016 13:38

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – DPRD Kota Pekanbaru melalui Komisi III siang ini akan mengagendakan pemanggilan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru.

“Kita sudah lakukan panggilan pertama, tapi mereka tidak datang. Maka dari itu, pada hari ini kita kembali menjadwalkan pemanggilan kepada BKD,” kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Nofrizal, Senin (29/2/2016).

Kata Nofrizal, rapat ini dinilai penting karena, untuk mengetahui informasi yang beredar selama ini, yakni adanya mutasi namun tidak sesuai dengan jabatannya yang diembannya. “Kita ingin mendengarkan pantas atau tidak mereka yang dimutasi kemarin,” sambungnya.

Dengan diadakannya rapat tersebut, DPRD akan mengetahui apakah ada permainan di mutasi Eselon III dan IV beberapa waktu lalu tersebut. Selain itu, pemanggilan BKD ini merupakan proses pengawasan DPRD kepada kinerja pemerintah tanpa ada embel-embel di belakangnya.

Baca: Keputusan Dewan Juri di Grand Final Bujang Dara Riau 2014 Kecewakan Banyak Pihak

“Kita akan menindaklanjuti adanya laporan mutasi yang tidak sewajarnya itu. Terutama mereka yang dipindahkan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas dan ada yang non-job. Salah satu tujuan mutasi pejabat diantaranya adalah sebagai bentuk promosi,” kata Politisi PAN tersebut.

Dirinya juga berharap bahwa dilakukannya mutasi tersebut jangan ada muatan politisi dari sejumlah pihaknya.

Sebagaimana diberitakan, Komisi III DPRD Pekanbaru batal melaksanakan rapat dengar pendapat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru. Rapat tersebut diagendakan membahas pelantikan pejabat eselon III dan IV beberapa waktu lalu.

“Hari ini kita batal melakukan rapat bersama BKD. Tapi kita sendiri juga sudah melayangkan surat atas pemanggilan,” kata Ketua Komisi III DPRD Pekanbaru Nofrizal, Senin (22/2/2016) lalu

DPRD sebagai lembaga pengawas tentu ingin mengetahui siapa-siapa saja yang dimutasi. Apakah sudah sesuai dengan bidang ilmu yang diembannya atau tidak.

“Berapa lama mereka bekerja sesuai atau tidak dengan keahlian mereka. Kita juga mempertanyakan hasil assesment yang dilakukan kemarin, karena UU Asessement menyatakan bahwa mereka yang dilantik harus sesuai dengan keahliannya,” sambung Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Untuk diketahui, Pemko Pekanbaru sendiri telah melakukan mutasi 131 orang pejabat eselon III dan IV. Pejabat tersebut terdiri dari 49 pejabat esselon 3a dan 3b, 73 pejabat esselon 4a dan 9 pejabat esselon 4b. Pelantikan sendiri dilakukan oleh Sekretaris Kota Pekanbaru M Noer MBS.

Penulis: Iqbal