Siak Pertama di Indonesia dalam PHU

Senin, 08 Februari 2016 13:10

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Dirjen Pelaksanaan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag RI, Prof DR H Abdul Djamil MA menilai bahwa Sistem Pelaksanaan Haji dan Umroh Terpadu (Siskohat) sistem online di kabupaten Siak, yang dibangun Bupati Siak merupakan yang pertama di Indonesia pemerintah daerah membuat inovasi dalam mempermudah pengurusan haji dan umroh.

 Menurutnya, Siskohat Siak layak menjadi percontohan nasional dengan adanya siskohat pelayanan Haji dan umroh terpadu yang dilengkapi dengan perbankan menunjukan adanya pemberian pelayanan yang mudah bagi para calon jemaah haji dan umroh.

“Atas di bangunannya Pusat Pelayanan Haji dan Umroh Terpadu, atas nama kementrian agama RI memberikan apresiasi kepada bupati Siak atas inovasi yang dilakukan untuk kemudahan pelayan haji,” ungkap dia Senin (8/2/2016)

Selain itu calon jama’ah haji yang sudah lansia, sehingga dengan keterbatasan kesehatan menjadi lebih mudah dalam pelayanan untuk berhaji. Kemudahan layanan haji sangat menjadi harapan bagi semua ummat Islam, karena pendaftaran haji saat ini tidak semua masyarakat kota akan tetapi ada di kampung kampung, dan tidak semua masyarakat yang akan mendaftar haji orang yang berpengalaman, karena itu apa yang sudah dibuat di kabupaten Siak patut di contoh oleh daerah lainnya yang ada di Indonesia.

Baca: Salahi Aturan, Zul Ancam Cabut Spanduk Bakal Calon Pimwako

“Saat ini Kuota haji tahun 2016 masih menggunakan kuota lama sehingga belum seimbang dengan jumlah penduduk yang ada di Indonesia dan apa yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Siak sudah sangat membantu para calon jemaah haji dan umroh dan ini tidak ada di Propinsi lain,” ujarnya.

Untuk itu daerah ini dapat menjadi percontohan kepada kabupaten kota di Riau dengan adanya inovasi mempermudah pelayanan urusan haji dan umroh ini, dengan pelayanan ini berada dalam satu atap. “beda dengan daerah lain, jika dalam pendaftaran calon jama’ah haji tempatnya berbeda, sehingga dalam pendaftaran melalui kemenag harus kebank dan kembali kekemenag lagi, tapi kalo disini udah berada disatu atap saja, jadi hanya dalam wktu kurang 10 menit sudah menerima pelayanan terdaftar haji” katanya.

Pasalnya Siskohat Siak ini satu-satunya pelayanan terpadu dalam urusan haji di Riau, bahkan di Indonesia. Dan apa yang dilakukan oleh Bupati Siak telah menunjukan keberhasilan luar biasa dalam usaha membangun ummat beragama di kabupaten Siak. BAZ tertinggi di Riau juga ada di kabupaten Siak.(Ely)