Siak Krisis Listrik, PLN Rayon Perawang Gaet IKPP

Selasa, 01 Maret 2016 10:16

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Sering tejadinya pemadaman bergilir di Wilayah Siak, membuat warga sering merasa kesulitan. Hal ini dikarenakan hampir 90 persen aktivitas masyarakat mempergunakan listrik. untuk itu masyarakat sangat berharap dengan PT PLN Wilayah dan Kepulauan Riau (WKWR) untuk membuat gebrakan demi memenuhi kebutuhan listrik.

Demi memenuhi listrik masyakatnya akhinya, PLN Rayon Perawang bekerjasama dengan PT. Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) dalam menghadapi kebutuhan listrik masyarakat disana.

“Kita sudah buat kesepakatan dengan pihak PT Indah Kiat, Mou juga sudah sampai ke Bupati Siak. Pada saat itu penandatanganan pada bulan agustus 2015,,”sebut Salman, Manager PLN Rayon Perawang kepada Kru Bertuahpos.com, Senin ( 29/2/2016) kemarin.

Rencananya dalam kerjasama ini akan dibuat Gardu Hubung (GH)oleh PT.IKPP. Salman menjelaskan, dalam hal penambahan daya untuk warga, Pihak PT. Indah Kiat akan menyuplay daya sebesar 20 sampai 40MW. Jika itu terealisasikan maka kebutuhan energi listrik untuk kabupaten Siak bisa terpenuhi lewat pembangkit ini.

Baca: Dalam Rangka HUT RI, Bupati Kampar Adakan Acara Ramah Tamah

“Ada wilayah yang belum teraliri listrik, jadi jika dari PT indah Kiat ini terealisasi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang belum teraliri, dan penerangan juga semakin terang,”katanya.

Selain itu ia juga menjelaskan kualitas yang diperoleh tentunya akan menguntungkan bagi masyarakat, karena dengan daya yang akan disuplay ini biaya lebih murah dan kualitas bagus sebab lokasi yang tidak jauh.

“Biaya penyuplaian dari IKPP lebih irit, dan juga lebih terang, sebab cahaya yang dihasilkan lebih bagus penerangannya  dari pada daya yang disuplay dari pekanbaru,”tuturnya.

Dengan pemakaian saat ini  yang mencapai 13,6 MW dihasilkan dari daya GI (gardu Induk) Teluk lembu sebesar 9MW, GI Garuda Sakti 2MW, beban puncak mencapai 2,6MW.

“Pemakaian kita sekarang 13,6MW sehingga energi yang dihasilkan redup-reduplah karena kita pakai dari daya yang disuplay GI teluk lembu 9MW, Yang dari GI garuda sakti 2MW, dan beban puncak 2,6MW,”tungkasnya.

Penulis: Ely