Setengah Triliun Dana Pendidikan Pelalawan Diserap Program Sekolah Gratis

Jumat, 17 April 2015 14:13
BERTUAHPOS.COM, PANGKALAN KERINCI – Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan MD Rizal SPd MPd menyebutkan program pendidikan di Kabupaten Pelalawan menyedot anggaran APBD sebesar hampir setengah triliun. Dimana sebagian besar anggaran tersebut diserap oleh program pendidikan gratis yang dilakukan Pemkab Pelalawan.
 
Sesuai Perda nomor 13 tahun 2013 soal pendidikan gratis dan Perbup wajib belajar 12 tahun, tidak ada lagi anak putus sekolah yang tidak mengecap pendidikan dikarenakan ketidakmampuan dan kemiskinan. 
 
“Alhamdulillah, saat ini tidak ada lagi anak-anak di Pelalawan yang tidak sekolah,” kata MD Rizal saat berdialog dengan anggota Dewan dan mahasiswa di lantai 3 ruang rapat DPRD Pelalawan, Jumat (17/04/2015).
 
Menurut MD Rizal, saat ini terdata 80.900 anak dari tingkat SD hingga SMA yang dikategorikan tidak mampu atau anak miskin. Sesuai data kemiskinan di Kabupaten Pelalawan 11,8 persen. 
 
“Anggaran pendidikan banyak disedot untuk pengadaan baju seragam dan peralatan sekolah lainnya untuk masyarakat miskin, dimana pengucuran anggarannya melalui Bagian Kesra Setdakab Pelalawan. Anak-anak miskin yang masuk dalam data kebanyakan berasal dari daerah perairan seperti kecamatan Pelalawan, Kuala Kampar dan Teluk Meranti,” ungkapnya.
 
Selain itu, masih dalam program Pendidikan, Disdik juga meningkatkan kuantitas, kapasitas dan kualitas tenaga guru honorer yang berjumlah 2550 orang yang di sekolahkan bekerjasama dengan UNRI dan Universitas terbuka. 
 
“Alhamdulillah pada tanggal 28 April adalah wisuda terakhir, jadi nantinya setelah selesai mereka akan mengabdi dan mengajar di kampung kelahiran mereka,” tukasnya. (maulana)