Seluas 25 Ha Kawasan TNTN Hangus Terbakar

Minggu, 11 Juni 2017 22:08

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Lahan dengan luas lebih kurang 42 Ha di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo saat ini 25 Ha lahannya sudah dalam kondisi ditebas dan terbakar.

“Dalam pencarian titik hotspot, telah dijumpai lahan seluas kurang lebih 42 Ha yang sudah ditebas. Namun yang sudah terbakar sekitar 25 Ha dan belum diketahui siapa pemilik lahan tersebut. Setelah dilakukan pengecekan, areal yang terbakar tersebut berada di wilayah TNTN Kecamatan Langgam,” sebut Kombes Pol Guntur Aryo Tejo selaku Kabid Humas Polda Riau, Minggu (11/6/2017).

Lanjut Guntur menjelaskan, kondisi api yang sudah padam namun di lahan masih mengeluarkan asap tersebut mengalami hambatan, lokasi berada di dalam kawasan TNTN yang sudah berubah fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit serta tidak adanya sumber air di lokasi. Sulitnya akses jalan menuju tempat kejadian itu lantas membuat petugas melakukan perjalanan menggunakan roda dua dengan jarak tempuh lebih kurang 5 jam dari Pangkalan Kuras.

“Pencarian titik hotspot dengan titik kordinat oleh tim gabungan Polri, TNI dan Tim RPK PT. Arara Abadi Distrik Nilo yang dipimpin langsung Kapolsek Pangkalan Kuras Kompol Ali Ardi  dan Danramil Pangkalan Kuras Kapten Diding.S, dengan Jumlah Personil 4 orang Regu Siaga UKL karhutla Polsek Pangkalan Kuras, 2 orang Anggota Koramil Pangkalan Kuras dan 
2 orang  Team RPK (Regu Pemadam Kebakaran) Distrik Nilo,” tungkas Kabid. (Bpc8/ol)

Baca: Pekan ke Dua Januari, DBD di Pekanbaru Mencapai 36 Kasus