Selama Ramadan Penumpang Bus TMP Pekanbaru Turun, Ini Penyebabnya

Senin, 12 Juni 2017 10:49

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU- Selama ramadan jumlah penumpang Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) berkurang. Hal ini diperkirakan akibat libur panjang semester anak-anak sekolah.

Seperti yang Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Pengelola Angkutan Perkotaan (PPAP) Dinas Perhubungan (Dishub) Pekanbaru, Wisnu Haryanto. “Mungkin menurun akibat aktifitas sekolah dan kampus libur. Dan juga aktifitas masyarakat di luar rumah selama ramadan juga berkurang,” sebutnya, Senin (12/6/17).

Pada hari biasa setidaknya penumpang Bus TMP bisa mencapai 18 ribu orang dari 45 bus yang dioperasikan. Penumpang Bus TMP dari kalangan pelajar dan mahasiswa juga terbilang tinggi. Wisnu perkirakan penurunan penumpang capai 20 persen dibanding hari biasa. 

Penurunan jumlah penumpang bus TMP ini juga berdampak pada omzet hasil penjualan tiket. Sebagai informasi hasil penjualan tiket bus TMP selama April lalu mencapai Rp 31,6 juta.

Baca: Realisasi APBD Rendah, Pertumbuhan Ekonomi Riau Melambat

Seperti yang diketahui ada 45 Bus TMP yang dioperasikan Dishub Pekanbaru. 13 di antaranya merupakan bus berukuran sedang yang dapat menampung 35 penumpang, sementara 32 unit lagi yakni bus berukuran besar. (bpc2)