SEBELUM MUDIK, HATI-HATI RUAMAH

Jumat, 26 Juli 2013 14:37

BERTUAHPOS (PEKANBARU) – Mudik lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah tahun 2013 akan tiba, mengingat saat ini sudah sampai kepada 17 Ramadhan, maka waktu mudik semakin dekat. Warga Kota Pekanbaru yang akan melakukan mudik lebaran, diminta agar waspada terhadap rumah yang ditinggalkan.

“Pastikan aliran listrik diputus, pintu juga dikunci rapat, dan alangkah lebih baiknya, titipkan rumah tersebut kepada yang kita percaya agar dapat dipantau tiap hari,” kata Anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Riyanto SH, Jum’at (26/7/2013).

Tingkat kejahatan di Kota Pekanbaru, saat ini semakin hari semakin meningkat. Hal ini terjadi karena perkembangan Kota Pekanbaru yang semakin pesat, jumlah pendatang pun tak bisa terbendung.

“Tindak kejahatan akan terus meningkat menjelang lebaran ini, masyarakat agar mengaktifkan lagi Siskamling. Sehingga pemudik bisa lebih aman dan kembali ke rumah dengan aman dan nyaman,” sebut politisi PKS ini.

Baca: Ini Ketentuan Penggunaan Room Oxygen

Aparat kepolisian, juga diminta agar mendeteksi keberadaan pelaku tindak kejahatan di Kota Pekanbaru. Dengan meningkatkan patroli rutin ke seluruh penjuru kota, sehingga tak ada ruang bagi pelaku kejahatan untuk beraksi.

“Masyarakat yang mengetahui ada gelagat aneh dari seseorang yang mencurigakan, kita minta agar langsung menghubungi aparat kepolisian agar dilakukan pemantauan,” pinta Riyanto.

Sementara keamanan di pusat perbelanjaan, kata Riyanto, aparat kepolisian merupakan lembaga yang berwewenang untuk mengamankannya. “Tentu dengan menempatkan sejumlah personil di pusat keramaian, baik itu mall, pasar, dan lainnya, karena jelang lebaran ini pasar akan lebih ramai pengunjung,” pungkasnya(wan)