Satu Hal yang Paling Dibenci Konsumen: Kejutan!

Selasa, 14 Januari 2014 11:57

BERTUAHPOS.COM, Los Angeles : Mendapatkan kejutan seharusnya menjadi hal yang menyenangkan bagi kebanyakan orang. Akan tetapi bagi para pembeli produk maupun jasa, kejutan merupakan hal yang paling tidak disukainya.

Seperti dikutip dari Inc.com, Selasa (14/1/2014) autor Business Without the Bullsh*t Geoffrey James mengungkapkan, para konsumen sangat benci menemui berbagai kejutan tidak menyenangkan setelah membeli suatu produk.

Sebut saja misalnya para nasabah di bank yang tidak menyukai tambahan biaya dan tarif tambahan untuk kegiatan finansial yang dilakukannya. Selain itu, para penumpang pesawat terbang juga seringkali dikejutkan dengan penundaan hingga pembatalan penerbangan secara mendadak.

Perasaan serupa juga dialami para pelanggan telepon yang harus membayar tagihan dengan tarif yang melonjak tiba-tiba. Belum lagi penggunaan situs media sosial yang kadang menganggu privasi penggunanya.

Baca: Besok, Apindo Riau Akan Pilih DPD Baru

Dari semua kasus di atas, tentu saja para pembeli sangat tidak suka dikagetkan dengan berbagai kejutan setelah membeli produk tertentu. Meski memang, beberapa produk disertai dengan peringatan kerusakan atau gangguan lainnya.

Sementara bagi Anda yang tengah berbisnis, hindarilah untuk memberikan kejutan-kejutan tak menyenangkan bagi para pelanggan. Terlebih lagi jika Anda telah mengelu-elukan produk Anda di depan pelanggan sebelumnya.

Jadi jika Anda ingin para konsumen menyebarkan keunggulan produk yang dibelinya, James menyarankan, bersikap jujurlah padanya saat menjual. Sebaiknya sebagai penjual, Anda katakan apa risiko, kelemahan serta keunggulan produk yang akan dibelinya.

Dengan begitu, para konsumen akan memahami penggunaannya dengan baik dan Anda sebagai pebisnis tuntas melakukan tugas dengan baik. (Sis/Ndw/liputan6.com)