Saat Mudik Lebaran, Matikan Saja Meteran Listriknya

Selasa, 22 Juli 2014 10:11

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Lebaran sebentar lagi, sebagian warga Kota Pekanbaru akan berlibur dan atau mudik ke kampung halaman masing-masing.

Namun Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru tidak akan libur. Dinas ini akan menyiagakan anggotanya selama 24 jam untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran.

“Anggota kita akan stand by 24 jam untuk mengantisipasi kebakaran di Kota Pekanbaru,” ujar Kepala bidang badan penanggulangan bencana dan pemadam kebakaran Kota Pekanbaru A Mius, Senin (21/7/2014).

Meskipun personilnya bersiaga 24 jam sehari, A Mius juga meminta kepada para  pemudik yang akan meninggalkan rumah untuk selalu mengecek instalasi listrik maupun kompor.

Baca: Waduh! Ditinggal Camat, Kantor Pemerintahan di Teluk Belengkong Langsung Sepi

“Kejadian kebakaran sebagian besar terjadi karena listrik, lilin maupun gas. Jadi kami minta sebelum pergi mudik, lihat semua listrik, kabel, kompor. Kalau perlu matikan meterannya supaya terjadi tidak terjadi kebakaran,” tuturnya.

Sebelumnya, selama bulan puasa, sudah ada enam kejadian kebakaran di Kota Pekanbaru dimana 65% penyebab kebakaran adalah masalah listrik.

Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa tapi menimbulkan kerugian yang sangat besar. (iqbal)