RSUD Siak Bantah Terlantarkan Pasien

Kamis, 14 Agustus 2014 15:27

BERTUAHPOS.COM, SIAK – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Siak membantah telah menelantarkan pasiennya yang masuk pada Jumat (8/8/2014) kemarin. Pasien ini rujukan dari Pukesmas Kecamatan Sungai Apit ke RSUD Siak karena  mengidap penyakit sesak napas.

Sebelumnya, pada malam Senin (10/8/2014), lalu pihak keluarga meminta untuk membawa pulang saudaranya itu ke Desa Lalang Kecamatan Sungai Apit. Dan sesampainya dirumah, pasien menghembuskan nafas terahirnya dan berujung kekecewaan pada pihak keluarga.

DR Beni Chairuddin SP.An Kepala Ruan ICU RSUD Siak menjelaskan, kronologisnya pertama pasien dirawat diruang biasa karena kondisinya masih belum memungkinkan untuk masuuk Ruang ICU. Tapi  kondisi pasien semakin memburuk dan ahirnya ditramsfer keruangan ICU.

Di ruangan ICU pihak RSUD menanganinya dengan perawatan dan kemanpuan yang ada sudah dilakukan dalam beberapa hari.  Namun, kondisi pasien semakin memburuk, akhirnya keluarga yang meminta untuk membawa pulang.

Baca: RAPP KELOLA 40 PERSEN GAMBUT? INI JAWABANNYA

Dikatakannya, pihak RSUD pun telah menjelaskan kepada pihak keluarga bahwa pada dasarnya rumah sakit ataupun dokter tidak akan membiarkan pasien untuk pulang. Dokter akan berusaha semampu mungkin.

“Tapi keluarga sudah sepakat untuk dibawa pulang untuk ditangani di rumahnya. Akhirnya atas permintaan keluarga, kita tidak bisa menahan hak pasien dan keluarga,” ungkapnya.

Untuk itu lanjut dia, pihak RSUD meminta surat pernyataan dari keluarga bahwa pasien diminta pulang atas pemintaan keluarga. Dan surat pernyataan itupun  sudah ditanda tangani keluarga.

“Atas permintaan keluarga, jadi pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab lagi atas apa yang terjadi dengan pasien,” ulasnya.(syawal)