RKPD Tahun 2017, Siak Belajar dari 5 Tahun yang Lalu

Kamis, 10 Maret 2016 16:55
RKPD Tahun 2017, Siak Belajar dari 5 Tahun yang Lalu

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Bertujuan terus meningkatkan pelayanan publik, pemerintah Kabupaten Siak, Kamis (10/3/2016) menggelar Forum Konsultasi Publik, yang bertempat di ruang Indra Pahlawan Room kantor Bupati Siak.

Rapat konsultasi dalam rangka penyusunan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2017, Bupati Siak, Syamsuar akan belajar dari 5 tahun yang lalu, pasalnya kepemimpinan sebelumnya diakui memang tidak maksimal, dengan ketertinggalan dalam membuat laporan Kabupaten Sia.

“Dalam kepemimpinan 5 tahun lalu, sudah menjadi pembelajaran untuk menjadikan kedepan lebih baik lagi,” jelasnya.

Syamsuar mengungkapkan  Siak dalam kelemahan tidak membuat laporan sehingga apa yang di buat tidak diketahui pusat. Oleh karenanya dia akan belajar dari yang sebelumnya untuk 5 tahun kedepan.

Baca: Jelang Hari Kelapa Dunia, Inhil Siap Jadi Tuan Rumah

Dalam hal  laporan pelaksanaan kegiatan disampaikan langsung Iyan Prana yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Siak. Iyan menyampaikan pentingnya keterlibatan semua peserta forum konsultasi dalam kegiatan ini.

“Kiranya kita dapat memberikan pemikiran yang positif dan konstruktif terhadap pembangunan di Kabupaten Siak melalui forum konsultasi publik ini. Berbagai masukan, koreksi bisa disampaikan, mulai dari para akademisi, pimpinan SKPD hingga lurah diharapkan memberikan kontribusi pemikirannya untuk kita formulasikan kedepan,” ujar Iyan.

Sementara itu, dalam sambutannya Iyan Prana menyampaikan kiranya penyusunan RKPD pemerintah, menyampaikan bahwa forum ini sebagai dasar pembangunan Kabupaten Siak kedepannya.

“Forum ini akan menjaring seluruh aspirasi kita semua dalam rangka pembangunan. Selain itu, forum konsultasi public ini juga menjadi peletak dasar pembangunan, mari kita berpartisipasi memberikan sumbangsih pikiran demi kemajuan,” sebutnya.

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Siak ini dalam sambutannya ia menyampaikan soal pentingnya pembahasan RKPD tahun 2017, “ Forum ini sangat tepat dan strategis untuk mendapatkan berbagai masukan dalam penyempurnaan Rencana kerja pembangunan daerah,” ucapnya.

RKPD tahun 2017 merupakan dokumen penting dalam perencanaan, sebab didalamnya tentu saja memuat kerangka pembangunan daerah. “Pembangunan daerah merupakan skala prioritas nasional, tentu harus pula ditunjang dengan pendanaanya sehingga penting pemerintah mendorong tingkat partisipasi masyarakat dalam membantu dan mengawasi,” tambah Bupati.

Menurutnya, Penyusunan Rencana Kerja tentu saja harus berdasarkan sistem nasional, dan kegiatan yang diprakarsai oleh Bappeda, adalah hal yang positif sekaligus tahapan kerja Pemerintah Kabupaten Siak tahun 2017.

“Penyusunan RKPD diamanatkan pada peraturan yakni tata cara penyusunan dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, tujuannya jelas untuk penyempurnaan rencana Daerah,” imbuhnya.

Dalam hal ini akan dilanjutkan dengan diskusi menyampaikan masukan dan pendapatnya dalam membangun kabupaten siak. Peserta acara dihadiri oleh p Jajaran pejabat dilingkungan pemerintahan, Tokoh  Masyarakat Wan Abu Bakar, Hamdan Saili, Ketua DPRD Siak, serta forum Anak Kabupaten Siak.

Bupati Siak mengungkapkan Bapeda diharapkan dapat mencatat apa yang telah disampaikan dalam forum serta dinas yang terkait untuk dapat bekerja sama dengan baik.

Penulis : Ely