Riau Dapat Bantuan 6 Helikopter Untuk Tangani Karhutla

Rabu, 07 Juni 2017 11:04

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Kepala Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, untuk pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan meminjamkan sebanyak 6 helikopter untuk Riau. 

Ke 6 helikopter itu akan dioprasionalkan untuk patroli rutin untuk melakukan pantauan lahan terbakar dari jalur udara. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan BNPB terkait masalah ini dan disetujui,” katanya dalam Rakor Satgas Siaga Darurat Penanggulangan Bencana Asap akibat Karhutla, Rabu (7/6/2017) di Pekanbaru. 

Dia menjelaskan, keberadaan 6 heli kopter itu akan dioperasikan di tiga titik. Di antaranya di Kota Pekanbaru, Dumai dan jika memungkinkan satu titik heli itu akan ditempatkan di Japura Inhu. 

Baca: Gubri: Pak Kades, Ingat Karhutla

Baca: Pemko Bantah Penempatan Mesti Lurah

“2 heli akan kita dorong ke Dumai, 2 lagi di Pekanbaru dan kalau memungkinkan 2 heli lagi akan kita tempatkan di Japura,” tambahnya. “Mengatasi masalah Karhutla ini memang sulit. Bahkan ada titik api tidak terpantau satelit, tapi ada lahan yang terbakar,” tambahnya.

Edwar menambahkan, masalah teknis lainnya sudah dikomunikasikan dengan BNPB termasuk mengatasi Karhutla lintas provinsi. Sebab kasus serupa juga pernah terjadi ketika ada Karhutla di perbatasan Riau-Sumbar. Wilayahnya sangat dekat dengan Riau, tapi Tim Satgas dari Riau tidak bisa melakukan pemadaman karena tidak ada izin lintas provinsi. (bpc3)