Rencana Runway SSK II Terbentur RTH Pekanbaru

Kamis, 17 April 2014 11:10
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Rencana PT Angkasa Pura II untuk memperpanjang runway Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II jadi 3000 meter diprediksi akan mengenai Ruang Terbuka Hijau (RTH).
 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tata Ruang Kota Pekanbaru,Firdaus Ces saat sesi tanya jawab pada sosialisasi review rencana Induk Bandara SSK II. “Memang rencana menambah runway menjadi 3000 meter itu bagus. Namun saya khawatir rencana tersebut terbentur dengan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) kota Pekanbaru yang ada di sekitar situ. Karena sesuai aturannya di kawasan RTH tidak dibenarkan untuk membangun apa pun,” sebutnya Rabu (16/04/2014).

Firdaus Ces juga menanyakan hasil riset Analisis Mengenai Dampak Llingkungan (AMDAL). “Karena semua pembangunan  harus ada kajian AMDALnya,” sebutnya.

Selain itu penambahan landasan pacu ke 3000 meter turut mengenai kawasan yang sudah lama menjadi hunian warga. “Itu juga sistemnya seperti apa, apakah Angkasa Pura II yang menganti rugi lahan atau pemerintah? ini mesti dikaji juga,” tambahnya.

AP II memang berencana menambah panjang landasan pacu yang saat ini masih 2240 meter menjadi 3000 meter. Guna mengatasi kepadatan lalu lintas penerbangan yang terjadi beberapa tahun kemudian. Selain itu agar maskapai berkapasitas minimal 325 orang bisa masuk serta memiliki apron untuk parkir dua pesawat.(riki)