Ratusan Mahasiswa Seperti Pengungsi di Kantor Gubernur Riau

Jumat, 26 Februari 2016 15:16

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Riau terlihat memadati pelataran di teras belakang kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru, pada Jumat (26/02/2016).

Para mahasiswa ini sedang menunggu jadwal pendaftaran bantuan beasiswa untuk pendidikan, dibukanya kembali pada pukul 14.00 WIB siang ini. Mereka duduk berselonjoran dan bersandar ke dinding gedung itu, sambil menunggu para pegawai usai solat Jumat dan istirahat makan siang. “Kami aja belum makan siang lagi, bang,” kata Nur Hayati kepada bertuahpos.com.

Nur adalah salah satu dari ratusan mahasiswa itu, yang akan melakukan registrasi beasiswa tersebut. Dia bersama rekan satu kampusnya memilih untuk tidak beranjak kemana-mana karena takut memegang nomor antrean jauh.  “Biarlah, kami tunggu sampai buka aja di sini,” sambungnya.

Menurut, Arfiani, seorang mahasiswa asal Universitas Riau, para mahasiswa yang menunggu di pelataran belakang kantor gubernur Riau itu harus melakukan registrasi untuk memasukkan proposal permohonan bantuan beasiswa mereka. “Kata petugasnya, registrasi itu dibuka sekitar pukul 14.00 WIB nanti,” ujarnya.

Baca: Api yang Melahap SMPN 1 Tembilahan Berasal dari Labor IPA

Dia menyebutkan bahwa batas akhir pengajuan bantuan pendidikan untuk pelajar miskin ini paling lambat hingga tanggal 29 Februari 2016 ini. Namun demikian, salah seorang petugas menyebutkan dirinya tidak mengetahui secara pasti, apakah pada hari libur, proses regitrasi pengajuan proposal bantuan beasiswa itu masih tetap dibuka atau tidak. Namun dekimikian, jika mengikuti jam operasional kerja, maka bisa dipastikan bahwa hari ini, proses regitrasi untuk ratusan mahasiswa itu tidak akan selesai.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Riau melalui Biro Kesra, menginformasikan bahwa tahun ini, Pemerintah Provinsi Riau kembali kucurkan lebih kurang Rp 4 miliar lebih dana bantuan pendidikan. Pembukaan pendaftaran itu sudah berlangsung pada pertengahan Februari 2016 lalu.

Pantauan bertuahpos.com di lokasi, bahwa setelah selesai menunaikan ibadah solat Jumat tadi, jumlah mahasiswa yang memadati pintu masuk ruang belakang kantor justru bertambah. Diperkirakan hampir 1.000 mahasiswa ikut berdesak-desakan antre melakukan registrasi beasiswa itu. Akibatnya, sejumlah pegawai yang akan kembali ke ruangannya kesulitan menerobos barisan mahasiswa tersebut.

Penulis: Melba