Presiden SBY akan Ambil Alih Kepemimpinan Riau

Jumat, 14 Maret 2014 06:54
BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Ultimatum Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengatasi masalah asap di Riau akhirnya keluar juga. Melalui kicauan di akun twitter Kamis (13/03/2014) semalam, SBY mengancam akan mengambil alih kepemimpinan dan pengendalian di Riau apabila Pemda Riau dan para mentri tidak sanggup mengatasi asap.
 
Berikut ini kicauan SBY dalam twitternya. “Saya memahami keresahan dan kemarahan sebagian rakyat kita akibat asap dan kebakaran ladang yang terjadi di Provinsi Riau. Kebakaran ladang dan asap ini disamping disebabkan oleh cuaca yang ekstrim, juga karena ada penduduk dan perusahaan yang membakar ladang.”
 
“Sebenarnya pemerintah pusat dan daerah, BNPB, serta TNI dan Polri telah berusaha untuk mengatasi, tetapi hasilnya masih belum memuaskan. Kita perlu bekerja sama. Perlu dibangun tanggung jawab dan kesadaran bersama untuk berhenti membakar ladang secara serampangan.”
 
“Meskipun Polri telah tetapkan 37 tersangka dan mereka akan diadili, tetapi kalau setiap tahun masih membakar, bencana akan terjadi lagi.”
 
“Malam ini saya telah instruksikan lagi agar para menteri terkait segera lakukan operasi tanggap darurat dengan gunakan semua cara dan alat. Saya ingin para pejabat daerah di Riau berdiri paling depan untuk cegah dan tangani asap ini. Mengapa terus terjadi dan rakyat jadi korban.”
 
 
Kalau dalam waktu 1-2 hari ini Pemda Riau dan para Menteri tidak bisa mengatasi, kepemimpinan dan pengendalian akan saya ambil alih.” (wiek)