Polres Inhil Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi Pancasila

Kamis, 01 Juni 2017 10:49

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL - Polres Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2017), bertempatkan Lapangan Polres Inhil Jalan Gajah Mada No. 2, Tembilahan.

Berdasarkan pantauan bertuahpos.com, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Inhil AKBP Dolifar Manurung, S.IK. Upacara juga dihadiri oleh Waka Polres Inhil KOMPOL Dr. H. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H, Para Kabag, Kasat, Kasi dan Perwira Polres Inhil.Kapolsek Reteh AKP Suharyono bertindak sebagai Perwira Upacara, Komandan Upacara adalah KBO Sat Lantas Polres Inhil IPDA Kamaluddin, dan Pembaca Pembukaan UUD 1945 adalah BRIGADIR Farlin Fernando Siregar, serta Pengubar Bendera adalah BRIPDA Reza Alfani, BRIPDA Khairul Munadi dan BRIPDA Faisal Sani.

Dalam Upacara ini, Kapolres, membacakan Sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo antara lain berbunyi bahwa Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, adalah untuk yang pertama  kalinya dilaksanakan. Upacara ini juga dimaksudkan untuk meneguhkan komitmen  kita, agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan  hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan  rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan lr. Sukarno,  Piagam Jakarta tanggal  22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila  tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang  kemerdekaan dari  seluruh pelosok  Nusantara sehingga kita  bisa membangun kesepakatan  bangsa yang mempersatukan  kita. Presiden mengingatkan,bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman, “katanya

Baca: Pemprov Riau Belum Bisa Jalankan PP 49 Soal PPPK Karena Terkendala Juknis

Dalam sambutannya, beliau juga mengajak peran aktif para Ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pedanda, Tokoh Masyarakat, Pendidik, Pelaku Seni dan Budaya, Pelaku Media, Jajaran Birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. “Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam  bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan. Ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di media sosial, harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai – nilai Pancasila, “terangnya

Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila selesai dilaksanakan pukul 08.30 WIB, dalam keadaan aman dan terkendali. (Bpc14)

Berita Terkini

Minggu, 31 Mei 2020 22:47

Motor Stay di Garasi, Perlukah Ganti Oli?

#OTOMOTIF

Minggu, 31 Mei 2020 22:20

Bencana Banjir Jadi Momok di Indonesia

#BENCANA

Minggu, 31 Mei 2020 22:05

Jangan Mencela Ciptaan Allah

#ISLAMPEDIA

Minggu, 31 Mei 2020 21:20

Final Piala FA, Fans Berpeluang Hadir di Stadion

#OLAHRAGA

Minggu, 31 Mei 2020 21:07

Masjid Al-Aqsa Dibuka Kembali

#ISLAMPEDIA

Minggu, 31 Mei 2020 19:48

Yuk Buat Silky Puding untuk Buka Puasa

RESEP MASAK

Minggu, 31 Mei 2020 17:33

Tabah Dalam Menghadapi Ujian Kehidupan

#ISLAMPEDIA