Polisi Pekanbaru Ungkap Bisnis Rental Senjata Api

Jumat, 13 September 2013 08:25
BERTUAHPOS, PEKANBARU –  Tidak hanya mobil yang bisa dibisniskan untuk dirental. Ternyata selama ini kawanan perampok juga memiliki senjata dari merental.
Â
Itulah yang terungkap dari hasil pengembangan Polsek Senapelan Pekanbaru, Riau. Pihak kepolisian berhasil mengungkap mata rantai penyewaan pistol rakitan jenis revolver yang digunakan untuk aksi kejahatan.
Â
Tidak semua kawanan bandit yang beraksi menggunakan senpi miliknya. Bisa jadi senpi yang digunakan disew dari agen sesama kawanan bandit dengan sistem bagi hasil.
Â
Itulah yang diakui tersangka A (34) warga Kulim, Pekanbaru yang merampas sepeda motor dengan senpi. Dalam aksinya, tersangka A menodongkan senpi kepada korbannya agar menyerahkan motornya. Sekitar empat hari lalu, polisi berhasil membekuk A dan menyita senpi jenis revolver.
Â
“Dari sana A mengakui jika senjata itu dia sewa dari seseorang inisial Z asal Palembang yang tinggal di Pekanbaru. Jadi dalam perampokan itu pelaku akan bagi hasil dengan pemilik senjata. Dari situ kita selidiki keberadaan Z,” kata
Kanit Reskrim Polsek Senapelan Pekanbaru, Aiptu Syahrizal, kepada wartawan, Kamis (12/9/2013).
Â
Setelah dilakukan pengembangan, hari berikutnya Z si pemilik senjata berhasil diringkus di rumahnya sekitar jalan Hangtuah, Pekanbaru. Dari penangkapan Z terungkap bahwa dia memiliki 3 senjata api yang disewakan.
Â
Dari keterangam tersebut, polisi lantas menangkap E yang menyewa senpi dari Z. Dari tangan E yang tidak memiliki pekerjaan tetap itu, polisipun menyita senpi yang disewanya dari Z.
Â
Â
sumber: detik