Polemik Tapal Batas Riau Sumut Akan Didudukkan dengan Kemendagri

Kamis, 01 Juni 2017 16:00

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Masalah tapal batas dua Provinsi, Riau dan Sumatera Utara (Sumut) hingga kini masih belum selesai. Pasalnya klaim yang dilakukan oleh masing-masing daerah masih terjadi, sehingga masalah ini akan kembali didudukkan dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie mengatakan setelah dilakukan pertemuan bersama Kemendagri sebelumnya, masalah tapal batas antar provinsi ini masih kembali akan dibahas bersama pemerintah pusat. 

Rencananya, Jumat besok (2/6/2017), pembicaraan dengan Kemendagri akan dilangsungkan untuk mendapatkan titik terang masalah ini. “Akan tetap ada pembahasan lebih lanjut dengan pihak Kemendagri,” katanya kepada bertuahpos.com, Kamis (1/6/2017). 

Dia menambahkan tapal batas atara Riau dan Sumut itu berada di daerah Rohil dan Labuhan Batu. Hingga kini tahapan penyelesaian masalah itu, kata Ahmad Syah, dipastikan masih berlanjut. Namun pihaknya belum bisa memastikan hingga sejauh mana proses yang sudah selesai.

Baca: Polres Inhu Mulai Berikan Santunan Kepada Teguh, Penderita Lumpuh dan Kurang Gizi

“Masalahnya masing-masing daerah mintanya tidak sama. Riau begini maunya, Sumut begini maunya. Jadi sulit untuk kita mengukur sudah sampai di mana penyelesaiannya. Namun yang pasti kami melimpahkan seluruhnya ke pusat. Karena mekanisme yang mengatur ini memang berada di ranah mereka,” tambahnya. (bpc3)