Pohon Besar Tumbang, 12 Siswa SMAN 1 Jadi Korban

Jumat, 12 Februari 2016 10:00

BERTUAHPOS.COM ( BPC), BATUSANGKAR – Pohon beringin berukuran besar yang berada didepan Kantor Dinas Budparpora Tanah Datar di komplek Benteng Van Der Capelen atau tepatnya disamping gedung Radio Luak Nan Tuo Batusangkar, Kamis (11/02/16) sekitar pukul 15.45 Wib sore secara tiba tiba tumbang dan melukai sedikitnya 12 orang siswa SMAN 1 Batusangkar. Satu orang diantaranya kritis dan terpaksa dilarikan ke RSUD M Djamil Padang.

Sedangkan korban yang mengalami luka cukup parah maupun luka memar masih dirawat di RSUD Prof Hanafiah Batusangkar.

Menurut salah seorang korban, Yuliana Putri siswi SMAN 1 Batusangkar peristiwa naas tersebut terjadi begitu cepat ketika mereka sedang istirahat setelah mengikuti kegiatan exstra kurikuler latihan pramuka.

“Sedang istirahat hendak mau sholat Ashar kami duduk bawah pohon beringin. Namun secara-cara tiba-tiba datang angin kencang dan merobohkan pohon tempat kami berteduh tadi, saya sempat melihat teman teman yang lainnya tertimpa dahan besar,” ingat siswa kelas X IPA 3 kepada wartawan di RSUD Batusangkar.

Baca: Kedatangan DPR RI, Mapolresta Pekanbaru Gelar Rapat Tertutup

Sementara itu, korban yang mengalami kritis akibat patah tulang punggung belakang dan dirujuk ke RSUD M. Djamil Padang diketahui bernama Nurul Karmila siswi kelas X MIPA 3 SMAN 1 Batusangkar.

Ditempat lain, Kepala Sekolah SMAN 1 Batusangkar, Mardilius, membenarkan jika para korban sedang mengikuti latihan ektra kurikuler pramuka di komplek wisata Benteng Van Der Capellen dan diawasi oleh guru pembimbing dan musibah ini bukanlah kelalaian namun adalah faktor alam.

“Musibah ini diluar perkiraan kita, semuanya terjadi secara tiba tiba, saat ini kita fokus untuk mengupayakan perawatan bagi korban, yang patut dirawat akan kita rawat dan kita sudah koordinasi dengan pihak medis dan pemerintah yang tangap dengan musibah ini” ucap Mardilius.

Sementara itu Sekda Tanah Datar Hardiman ketika mengunjungi korban di RSUD Hanafiah Batusangkar menyebutkan untuk sementara waktu korban kita tangani dulu.

“Biaya pengobatan korban selama dirawat di rumah sakit daerah Ali Hanafiah kita tanggung melalui dana APBD. Sementara biaya pengobatan korban dirujuk ke RSUD M Djamil Padang kita bicarakan dulu dengan pimpinan” ungkapnya.

Berikut nama – nama Korban tertimpa pohon tumbang :

1. Yayang Fauziah (X IPA 2/16 th/ Alamat Rambatan) Luka jahit di kepala dan patah kaki kanan

2. Suci Rahmadona (X IPA 3/Umur 16 th/Alamat Parak Juar) Luka jahit di kepala

4. Nurul Kamila (X IPA 3/Umur 15 th/Alamat Padam Juar) Patah punggung belakang dan dirujuk ke RSU M. Jamil Padang

5. Sarah Ayu Damira (X IPA 2/Umur 16 th/Alamat Turawan) Patah tangan kanan

6. Nina Aulia (X IPA 2/Umur 16 th/Alamat Sijangek) Luka jahit di kepala

Korban Luka Memar:

7. Ainal Jannah Purnama (X IPA 2/Umur 16 th/Alamat Pagaruyung)

8. Cintia Ronauli Manik (X IPA 2/Umur 16 th/Alamat Simpang Asrama)

9. Fadilah Syafira (X IPA3/Umur 15 th/Alamat Situmbuk)

10. Gaza Ramda Ciptaan (X IPA 2/Umur 16 th/Alamat Pasia Laweh)

11. Humairatul Hanifah (X IPA 2/Umur 16 th/Tabek Patah)

12. Yuliana Putri (X IPA 2/Umur 16 th/Alamat Arai Pinang I). (Doy)