Poco-poco Meriahkan Pertemuan Pelajar Indonesia dan Rusia di Moskow

Minggu, 30 Juni 2013 11:21
Poco-poco Meriahkan Pertemuan Pelajar Indonesia dan Rusia di Moskow
BERTUAHPOS, JAKARTA – KBRI Indonesia untuk Rusia memfasilitasi diadakannya pertemuan pelajar Indonesia dan pelajar negeri Rusia. Pertemuan semakin meriah dengan ditampilkannya kesenian-kesenian dari Indonesia.
Pemuda-pemudi Indonesia dan Rusia hanyut dalam suka cita musim panas dengan diiringi alunan suara merdu penyanyi Elva Patty, goyang poco-poco dan Kopi Dangdut, Rabu (26/6/2013).
Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan KBRI Moskow untuk mendekatkan generasi muda Rusia terhadap Indonesia ini menjadi salah satu kegiatan yang ditunggu sahabat-sahabat muda Rusia pencinta Indonesia di Moskow. Selain mahasiswa yang mempelajari sejarah dan Bahasa Indonesia, alumni penerima beasiswa Darmasiswa dan BSBI, kegiatan ini juga diikuti oleh para peminat seni dan budaya Indonesia antara lain Pencak silat dan tari tradisional.
Tak kurang dari dua ratus orang tumpah ruah memenuhi halaman belakang KBRI Moskow yang disulap ala pesta kebun. Iringan lagu-lagu pop Indonesia menyambut setiap tamu yang datang dengan wajah-wajah cerah. Didukung oleh cuaca yang terang benderang, kegiatan pertemuan antar generasi muda Rusia dan Indonesia berlangsung hangat dan akrab.
Melalui surat elektonik kepada detikcom, Dubes Djauhari Oratmangun menyampaikan bahwa pertemuan antar generasi muda kedua bangsa ini diperlukan untuk lebih mendekatkan hubungan kedua negara. Generasi muda ini diharapkan akan menjadi jembatan penghubung peningkatan hubungan dan kerjasama RI – Rusia.
Dubes RI Moskow untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus tersebut sekaligus juga membuka secara resmi Pusat Kegiatan Budaya di KBRI Moskow. Di Pusat Kegiatan Budaya ini para mahasiswa Indonesia dan generasi muda Rusia yang tertarik untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia dapat mengikuti kursus Bahasa Indonesia, Klub Bahasa, Klub Pencak silat, Gamelan dan Tari. Kursus dan Klub Bahasa Indonesia serta Pencak silat akan dimulai minggu ke-3 Agustus, sedangkan gamelan dan tari bulan September 2013.
Minat generasi muda Rusia untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia sangat besar. Para pemain Pencak silat yang pernah berlatih di KBRI Moskow bahkan sempat menjuarai sejumlah pertandingan di manca negara. Untuk Bahasa Indonesia saat ini terdapat 5 universitas di Rusia yang tidak putus mengajarkan sejarah dan Bahasa Indonesia.
“Saya ingin mahasiswa saya mengikuti kegiatan-kegiatan seni di KBRI Moskow. Selain menambah kepandaian menari dan bermusik, mereka juga bisa memperlancar Bahasa Indonesia yang mereka pelajari di kampus”, ujar Anna, seorang dosen Bahasa Indonesia di Universitas Negeri Moskow.
Pelajar yang datang di acara ini juga bisa menyaksikan salah seorang pelukis Indonesia, Erica, yang mendemokan atraksi melukis di hadapan seluruh yang hadir, berkolaborasi melukis dengan istri Duta Besar RI Moskow, Wiwik Oratmangun yang memang hobi melukis. Selain itu turut dipamerkan juga baju-baju batik pewarna alam hasil karya pembatik dari Sumenep, Madura. Elva Patty dan Band Slova serta sapuan kuas lukis Erica pun berhasil menarik penonton untuk berjoget dangdut dan poco-poco atau berpartisipasi melukis massal. (detik.com)