Picture GM terlaris di Media Sosial Anak Siak

Rabu, 09 Maret 2016 12:24

BERTUAHPOS.COM (BPC), SIAK – Fenomena alam yang langka terjadi meski tidak tampak jelas sebab tertutup awan dan cuaca sedikit berasap di kawasan Siak tidak menyurutkan  sebagian warga Siak mengabadikan lewat ponselnya. Hal ini tampak di beberapa akun sosial menghebohkan dengan Picture Gerhana Matahari (GM) sejak pagi menjelang pukul 8.33 WIB hari ini, Rabu (9/3/2016).

Pantauan Bertuahpos.com pagi dipukul 06.35 WIB tepat di depan Istana Siak Asyerayah Al Hasyimiah cuaca sedikit mendung dan berasap ini mulai pudar membuat fenomena alam Gerhana Matahari menunjukan ke indahannya, pancaran dan bentuk sabit juga terlihat dengan mata telanjang.

Tampak beberapa masyarakat dan warga yang ikut menyaksikan fenomena ini dan mengabadikan lewat ponselnya.
Sebelumnya menanggapi hal tersebut Bupati Siak menganjurkan untuk melakukan Sholat gerhana matahari, “alangkah baiknya jika dalam hal gerhana matahari ini kita lakukan sholat Gerhana Matahari, selain berjama’ah sholat bisa dilakukan sendiri,” ujarnya kemarin usai menghadiri Musda PAN.

Selain itu juga ia menambahkan selain melakukan sholat jika ingin melihat gerhana matahari ini jangan terlalu lama dengan mata telanjang. “Hendaknya jangan berlama-lama ketika menyaksikan Gerhana matahari tanpa kaca mata perlindung,”sebutnya.

Baca: KSR PMI UIN Suska Galang Bantuan Korban Banjir Kampar

Di kecamatan Siak sendiri sholat gerhana matahari tidak tampak dilaksanakan sehingga sebagian warga memilih keluar rumah untuk menyaksikan langsung, hasim (33) bersama anaknya yang bertuahpos temui, “disini ga di adakan sholat berjama’ah mbak, tenang-tenang aja kayaknya,”ungkapnya.

Ia juga mengatakan gerhana matahari yang langka ini membuat dirinya penasaran sehingga ingin melihat apakah tampak untuk diwilayah siak, “penasaran aja mbak makannya ingin tau di Siak bisa terlihat tidak, eh ternyata nampak juga, “bebernya.

Disisi lain Laporan Warga dikecamatan Dayun  melakukan Sholat Gerhana Matahari di Pelataran Masjid Nurul Huda, antusias warga juga tampak dengan mengikuti proses berjama’ah. “Untuk Kecamatan Dayun sholat berjam’ah dan lumayan ramai tadi sembari melihat gerhana matahari, “kata Sari melalui via sms.

Bermacam-macam pendapat mereka tentang gerhana matahari pun tampak saat menghebonya picture di sosial media. Salah satunya nita (22) “ternyata bisa liat juga dibunga raya,”komentarnya. Hal senada juga diungkapkan ayu (24),”melihat GM di kota ku Siak,”tulisnya.

Fenomena ini pun diprediksi akan muncul kembali di 33 tahun sekali, Naah.. Bagi anda yang menyaksikan Gerhana matahari secara langsung maupun tidak langsung yang kini terjadi salah satu tanda kekuasaan NYA. Apapun itu dan kapan pun itu hanyalah Allah yang tahu. Dan hal ini akan memberi pelajaran untuk terus bersyukur apapun itu.

Penulis : Ely