Petani Singkong Bengkalis semakin Menjamur

Sabtu, 13 Februari 2016 16:28

BERTUAHPOS(BPC), BENGKALIS-  Petani  singkong  di kabupaten Begkalis  semakin  menjamur.Lahan perkebunan singkong (ubi)   kini semakin banyak kita lihat di desa ketam putih, pematang duku, kuala alam, temeran, air putih, dan bantan, kecamatan Bengkalis,kabupaten Bengkalis.

Singkong (ubi kayu) merupakan sumber makanan yang paling banyak dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, singkong juga merupakan bahan baku industri yang paling dicari  dan diminati.

Selain cara penanaman yang mudah, singkong mudah tumbuh dimana saja. Meski penanamanya mudah untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu sedikit kerja keras. Berbagai macam jenis makanan yang bisa diolah dari bahan singkong ini, contohnya, kripik, kue, tepung dan lainya.

“Badarudin( 56) seorang petani singkong  mengatakan kepada bertuah pos, Sabtu (13/02/2016) ia yang kini sukses  dengan meraup  puluhan juta rupiah sekali panen. “saya ini  hanya petani bisa, yang menanam sayur-sayur dan lainya, sekolahpun cuman tamatan  sekolah dasar, inilah pekerjaan saya  bertani menanam ubi dan hasilnya dijual kepada masyarakat, dan juga pada  pengepul yang menggambil secara borongan.” Ujarnya lagi.

Baca: Rutan Siak Overload Sampai 550 Orang

Di sini harga singkong  dijual Rp.2500/per kilo, jika kita membeli langsung datang kekebunnya, tetapi jika kita membeli kepasar harganya mencapai Rp.3000 perkilo.

“Badarudin mengatakan, keuntungan dari  penjualan singkong tersebut   mencapai puluhan juta rupiah kini perhektar,  saya sekarang memiliki 3 hektar  lahan yang sudah di penuhi dengan ubi, apa lagi  lahan di Bengkalis ini tanahnya sangat subur, tidak perlu mengeluarkan biaya produksi yang besar, yang perlu dijaga hanyalah, dari musuh tanaman pemakan ubi yaitu babi.

Saya dan petani lainya hanya membangun pagar  dari kayu dahulunya, tetapi alhamdulillah sekarang kami menngunakan pagar dari kawat yang  yang mengandung aliran listrik, agar babi atau hewan lainya tidak mengganggu tanaman ubi ini.”ujarnya lagi.

Dengan peluang  keuntungan yang besar,  hal ini lah membuat petani- petani di Bengkalis berlomba-lomba untuk bertani menanam  singkong,

Kini kita bisa melihat lahan perkebunan singkong  yang luas  dan banyak singkong di desa pematang duku,  kampung banjar,kecamatan Bengkalis, kabupaten Bengkalis. Di sini masyarakat  banyak yang berkebun singkong.(sifa)