Perbaikan Jalan Bisa Ukur Tingkat Keberhasilan Pemko

Selasa, 17 Juni 2014 16:29

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Masih banyaknya infrastruktur Kota Pekanbaru seperti jalan berlubang dan kondisi jembatan siak, menambah daftar tugas bagi Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di masa pimpinan Firdaus MT dan Ayat Cahyadi.

Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru Muhammad Sabarudi saat ditemui di DPRD, Selasa (17/6/2014) mengatakan untuk persoalan jalan sudah mulai bagus, namun untuk sekarang ini perlu diperbaiki infrastruktur itu seperti jalan.

“Kita sekarang ini menginginkan semua terevaluasi sesuai dengan rencana pemko, nanti kita bisa menilai berapa persen keberhasilan selama pemerintahan Firdaus dan Ayat Cahyadi selama ini,” ujarnya.

Politisi dari PKS ini mengatakan Pemko harus punya target untuk perbaikan jalan, misalnya target pemko 5000 km jalan yang diperbaiki, namun setelah dihitung-hitung cuma 4000 km. “Hasinya itulah yang kita nilai, kalau bleum sampai nanti kita akan pertanyakan,” tuturnya.

Baca: Rp 20 Triliun Lebih Investasi Riau Mandek

Sabarudi menambahkan ada beberapa hal yang diperhatikan kenapa jalan itu bisa rusak. Misalnya karena jalan yang sudah dibuat, tapi hancur duluan akibat kesalahan dalam proses pembuatannya, atau karena faktor alam serta mobil yang bertonase besar lewat.

“Jika jalan dibuat oleh kontraktor, kesalahan pada kontraktor tersebut pemko harus tegas. Bisa saja dengan peringatan, atau mem-blacklist kontraktor tersebut,” ujarnya. Sabarudi mengingatkan kepada Pemko Pekanbaru untuk perlu mematangkan konsep acuan kedepannya untuk hal-hal infrastrukutr yang seperti ini tidak selalu terulang untuk kedepannya. (iqbal)