Pengerjaan Jalan di Lintas Timur Riau, Macet Hingga 10 Jam

Minggu, 07 Februari 2016 10:51

BERTUAHPOS.COM (BPC), Kandis– Bagi yang berencana berlibur melintasi Jalur Lintas Timur Pekanbaru menuju Duri mesti menyiapkan bersiap-siap terkena macet parah. Pasalnya ada pengerjaan badan jalan sepanjang dua kilometer (Km), sehingga membuat ruang gerak kendaraan jadi sempit.

Ditambah lagi liburan akhir pekan kali ini bertepatan dengan perayaan imlek tahun 2016, yang jatuh pada Senin (08/02/2016). Sehingga banyak masyarakat meluangkan waktu berlibur kesanak famili, sehingga menambah volume kendaraan yang melintas di Jalan Lintas Timur Pekanbaru-Duri sehingga menyebabkan kemacetan.

Seperti yang dipantau kru bertuahpos.com, Sabtu (06/02/2016) di Jalan Lintas Pekanbaru – Duri. Kemacetan sudah dimulai sejak Sabtu sore (06/02/2016). Didominasi sama kendaraan berukuran besar, seperti bus, truk balak, atau travel serta mini bus.

Hal ini dikarenakan banyaknya kendaraan yang tidak mematuhi peraturan lalu lintas dan menerobos marka jalan. “Kalau untuk mobil rusak tidak ada. Ini hanya karena banyaknya kendaraan yang menerobos arus dan juga dipadati oleh mobil kecil (minibus)” ungkap Joni, pemilik usaha Rumah Makan Batusangkar KM 68 jalan Raya Pekanbaru-Duri.

Baca: Ini Jadwal Pemadaman Bergilir di Pekanbaru Tanggal 25 Oktober

Kemacetan juga dipicu dengan adanya pengerjaan pemeliharaan badan jalan yang belum selesai. Sehingga kendaraan yang melintas harus bergantian, agar tidak terjadi kecelakaan. “Pengerjaan ini baru mulai sejak dua hari yang lalu, tiga hari sama sekarang” tambahnya.

Budiono, salah seorang pengendara mengaku sudah berada di titik macet sejak sore hari. Hingga dini hari ia dan pengendara lainnya masih berada di kemacetan. “Macetnya dimulai dari gelombang, sore hari saya sudah sampai di sana dan sekarang sudah jam 03.00 wib saya masih berada di kilometer 68,” ungkapnya.

Hingga Minggu pagi (07/02/2016) kemacetan masih tetap berlangsung. Banyak pengendara terpaksa mematikan mesin kendaraan sebab kemacetan yang panjang. Kemacetan sepanjang 9KM ini membutuhkan waktu tempuh sekitar 10 jam. Bagi yang sudah berencana melalukan perjalanan dan melewati Lintas Timur Pekanbaru-Duri agar menyiapkan segala persiapan untuk antisipasi kemacetan. Dan pastikan kendaraan dalam keadaan prima, baik Dari rem serta pengecekan mesin. (Jn)