Pendaftaran CPNS Pekanbaru Hari Ini Batal

Senin, 16 September 2013 12:35
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pekanbaru, Hermanius memastikan pendaftaran penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ditunda. Pasalnya, belum semua kabupaten/kota di Riau siap menyelenggarakan seleksi tersebut.
Â
“Semestinya kan jadwal pendaftaran seleksi dilakukan tanggal 16 September. Artinya mulai besok (hari ini-red). Tapi karena ada kabupaten lain yang belum siap akhirnya ditunda,” ungkap Hermanius kepada Tribun, Minggu (15/9). Menurutnya, hal itu diketahui setelah kabupaten/kota berkoordinasi dengan pihak provinsi pekan lalu. Pemerintah Provinsi Riau bertindak sebagai koordinator penerimaan PNS di Riau.
Â
Ketika ditanya kapan pendaftaran akan dimulai, Hermanius mengaku belum tahu. Menurutnya jadwal pendaftaran akan dibicarakan dalam pertemuan dengan pemerintah provinsi selanjutnya. Namun, ia memperkirakan proses seleksi tetap akan dilakukan akhir bulan September ini.
Â
Proses seleksi PNS melalui jalur umum sudah disepakati menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dimana dengan sistem ini, seleksi dilakukan secara komputerisasi. Sehingga memungkinkan peserta mengetahui hasil tes sesaat setelah seleksi dilakukan. Sebelumnya Hermanius juga menjelaskan bahwa proses seleksi direncanakan dilakukan di kantor Badan Kepegawaian Negara (BLN) Wilayah Riau.
Â
Ketika ditanya apakah BKD sudah mengetahui rencana DPRD Pekanbaru memanggil pihaknya untuk hearing, Hermanius menjawab belum. Menurut dia, sampai sekarang belum menerima surat terkait rencana para wakil rakyat tersebut. “Tapi kalau memang ingin memanggil, kami siap saja,” kata dia. Hermanius juga siap jika nanti anggota DPRD menanyakan tentang rencana mutasi pejabat di lingkungan Pemko.
Â
Sebelumnya, Sekretaris Kota Pekanbaru, Syukri Harto juga mengisyaratkan adanya mutasi pejabat di lingkungan Pemko dalam waktu dekat. Saat ini, pihaknya masih mengevaluasi kinerja pejabat-pejabat eselon II, III dan IV tersebut. “Semua PNS tentu selalu dievaluasi kinerjanya. Pimpinan wajib mengevaluasi,” katanya.
Â
Sekarang, proses evaluasi tersebut sedang dilakukan. Tidak hanya kepada pejabat eselon IV, evaluasi juga dilakukan untukpejabat eselon III dan II. Menurut Syukri, kalau ada mutasi tentu akan dilakukan secara bertahap.
Â
Â
(tribunpekanbaru)