Pemprov tidak Terlibat Penerimaan CPNS di Kabupaten/Kota

Selasa, 27 Agustus 2013 15:11
Pemprov tidak Terlibat Penerimaan CPNS di Kabupaten/Kota
BERTUAHPOS.COM,,PEKANBARU – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Zaini Ismail mengatakan, Pemprov Riau tidak melibatkan diri dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kabupaten/kota Riau yang mendapatkan kuota. Karena, setiap daerah sudah memegang otonomi sendiri.
Zaini menjelaskan, untuk penerimaan CPNS masing-masing kabupaten/kota yang langsung melakukan penerimaan. “Kan sudah otonomi daerah, jadi masing-masing kabupaten/kota langung melakukannya” ungkapnya.
Tujuh kabupaten/kota yang diberikan kesempatan untuk merekrut CPNS di tahun 2013 ini, tidak perlu melakukan koordinasi dengan Pemprov Riau. Daerah dapat langsung berkoordinasi dengan Kemenpan RI. “Jadi laporan penerimaan CPNS yang dilakukan kabupaten/kota itu, mereka laporkan ke Kemenpan saja,” tuturnya.
Pada kesempatan itu, Zaini juga mengingatkan, jika Pemprov Riau tahun ini tidak melakukan penerimaan CPNS. Pasalnya, 724 formasi CPNS yang telah diusulkan, ditolak Kemenpan-RB.
Sebelumnya, penerimaan CPNS ini dilaksanakan dua metode. Pertama adalah ujian dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes ini dilaksanakan mulai 29 September mendatang. Tes model berikutnya adalah dengan sistem lembar jawaban komputer (LJK) seperti pada umumnya. Tes CPNS model LJK ini dijalankan untuk pelamar umum maupun honorer kategori II. Tes CPNS model LJK ini dijadwalkan berjalan serentak pada 3 November 2013.
Tujuh kabupaten/kota yang diberi kesempatan untuk merekrut CPNS tahun 2013 ini, yakni Kabupaten Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Siak, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan.
(riau.go.id)