Pemprov Riau Harus Proteksi UMKM

Sabtu, 18 Januari 2014 12:00

BERTUAHPOS.COM, Pekanbaru – Sumber Daya Alam (SDA) Riau sudah mulai menipis, tidak ada lagi sumur-sumur minyak baru yang ditemukan. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Untuk itu,  pemerintah provinsi (pemprov)Riau harus mengalihkannya keindustri. Salah satunya adalah dengan cara memproteksi UMKM.

Demikian hal itu dikatan Prof. Chandra Fajri Ananda, SE M Sc Ph D, beberapa waktu lalu (17/01/13) di Pekanbaru. Dikatakannya, berdasarkan Pendapatan Domestik Regional Bruto Riau di peringkat ke 3 setelah DKI dan Papua. Sehingga kekuatan ekonomi Riau cukup besar secara nasional. Namun, pemprov Riau  harus dipertimbangkan kondisi ini dengan cara mengembangkan industri kecil.

“Pemerintah harus berikan proteksi terhadap umkm, sebab kalau tidak diproteksi maka umkm akan mati, karena akan kalah dengan pengusaha yang sudah punya jaringan, dan lebih efisien,” ungkap guru besar fakultas ekonomi dan bisanis Universitas Brawijaya itu.

Proteksinya itu, sambung Chandra, bisa dalam bentuk pendanaan  yang lebih murah, kemudian perizinan-perizinan yang lebih mudah, dan tidak ada tarikan yang aneh-aneh. Selanjutnya, pemerintah juga harus bisa memberikan pelatihan yang gratis pada pengusaha umkm oleh dinas-dinas terkait di provinsi Riau.

Baca: Saat Malam Pertama Mempelai Wanita Ini Baru Tahu Ternyata Suami Perempuan

“Yang terpenting, dengan mendorong peningkatan efisiensi dengan menyiapkan SDM yang berkualitas,
membangun infrastruktur pendukung yang dibutuhkan UMKM dan membantu inovasi dan teknologi UMKM,” jelasnya.(Syawal)