Pemprov Riau Butuh Lahan Sampai 3.000 Hektar Untuk City Port Kuala Enok

Minggu, 28 Mei 2017 20:48

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pemprov Riau membutuhkan lahan lebih kurang 1.500 hetar sampai 3.000 hektar sebagai lokasi city port (kota pelabuhan) di Kuala Enok Inhil, Riau.

Asisten II Setdaprov Riau, Masperi mengatakan, Pemprov Riau sangat menutuhkan kerja sama dengan Pemda setempat untuk melakukan share dalam rangka penyediaan lahan tersebut.

“Ini masih target jangka panjang. Yang terpenting dulu, bagaimana merealisasikan Pelabuhan Kuala Enok iti menjadi pelabuhan curah. Kedepannya akan berlanjut ke City Port,” katanya, Minggu (28/5/2017).

Dia menambahkan, kawasan ini kedepannya tidak menutup kemungkinan kedepannya akan berkembang menjadi pelabuhan peti kemas. Studi kelayakan untuk kawasan ini sudah dilakukan.

Baca: Arab Saudi Sarankan Jamaah Tunda Haji Tahun Ini

Pemprov Riau sendiri juga sudah melakukan kunjungan ke Pelabuhan Belawan Sumatera Utara yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I. Kajian lainnya soal pelabuhan peti kemas dan city port juga masuk dalam pembahasan itu.

Sebelumnya Pemprov Riau bersama PT Pelindo I sudah melakukan penandatanganan MoU untuk pengembangan kawasan Pelabuhan Kuala Enok, menjadi pelabuhan curah. Tidak lanjut dari itu, maka dalam waktu dekat akan segera direalisasikan mekanisme dan teknis pembangunan kawasan itu. (bpc3)