Pemprov Harus Cermati RTRW dari Menhut

Senin, 11 Agustus 2014 10:21

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Meskipun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau akhirnya disetujui oleh Menteri Kehutanan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. Mantan Asisten II Sekdaprov, Riau Emrizal Pakis mengingatkan pemprov untuk mencermatinya kembali. Jangan hanya menerima begitu saja sebagai kado di hari jadi Provinsi Riau yang ke 57.

“RTRW kita baru saja disahkan, cuma menurut saya yang disetujui oleh menteri itu juga harus kita cermati, apakah sudah disetujui secara total dari apa yang diajukan tim terpadu atau belum,” ujar Emrizal Pakis, Minggu, (10/8/2014).

Emrizal melanjutkan, jika belum secara total disetujui, dirinya meminta untuk dilakukan pengecekan lagi oleh pemerintah Provinsi Riau.

“Cek lagi ada atau tidak sesuatu yang tidak terpenuhi, misalnya pemukiman berada di kawasan hutan. Oleh tim terpadu sudah dikeluarkan, tapi bisa dimasukkan lagi,” jelas pria yang juga menjabat Ketua Koni Riau.

Baca: Peringatan Dini, BMKG: Hujan Deras Disertai Petir Siang Ini

Ia menambahkan bahwa selain kawasan pemukiman, kawasan ekonomi masyarakat dalam kawasan hutan juga perlu perlu diperhatikan lagi. Apakah yang disetujui oleh menteri tersebut, sudah sesuai dengan harapan atau belum. (advetorial)