Pemko Rencanakan Bangun Rumah Singgah Gepeng

Rabu, 16 April 2014 19:18

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Guna mengurangi jumlah Gelandangan dan Pengemis (Gepeng), Pemerintah Kota Pekanbaru, berencana membangun rumah singgah. Rencananya dana Rp 6miliyar akan dialokasikan untuk pembangunannya awal di tahun 2015.

Hal tersebut disampaikan Asisten IV Sekda Pekanbaru, Sentot Djoko Prayitno.  ”Tahun depan kita sudah wajib miliki rumah singgah untuk para gepeng ini. Rencana ini sudah saya usulkan di Musrenbang kemarin, mudah-mudahan saja bisa diakomodir untuk APBD 2015,” jelas Sentot.

Pada rumah singgah tersebut nantinya para Gepeng maupun PSK yang terjaring Tim Yustisi akan dibina. ”Jadi nanti kalau dikembalikan ke masyarakat sudah ada keterampilan dan sudah tak tertarik menekuni profesi sebagai Gepeng ataupun PSK,” ungkapnya.

Namun ia mengakui rencana tersebut tidak mudah. Sebab para gepeng terbiasa mencari uang dengan mudah, “Tentu ini bukan perkara mudah untuk bisa membuat para Gepeng dan PSK untuk meninggalkan profesi lama mereka. Harapan kita dibangunnya rumah singgah ini, nantinya dengan ketrampilan sehingga mereka bisa kembali ke masyarakat dengan ketrampilan baru,” terangnya. (riki)

Baca: Warga Bisa Minta Bibit Pohon Gratis ke DKP Pekanbaru