Pemko Pekanbaru Gelar Operasi Pasar Murah di Rumbai

Kamis, 04 Juli 2013 13:29
BERTUAHPOS, PEKANBARU – Pemerintah Kota Pekanbaru, Riau, menggelar operasi pasar murah di Kecamatan Rumbai untuk memenuhi kebutuhan warga menjelang bulan Ramadhan 2013 pascakenaikan harga BBM.
 
“Dalam operasi pasar itu dijual aneka produk per paket lebih murah sebesar Rp33.000 dari harga di pasar tradisional,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemko Pekanbaru Elsyabrina di Pekanbaru, Kamis (4/7).
 
Dia mengatakan pihaknya melakukan subsidi sebesar Rp33.000 untuk satu paket yang dijual tersebut di Kecamatan Rumbai dengan harga Rp127.000.
 
Namun paket sembako yang dijual tersebut yakni beras, gula pasir, susu kaleng, sarden, mie instan, minyak goreng yang sudah dikemas khusus.
 
Sebelum menggelar operasi pasar murah itu, pihaknya telah melakukan peninjauan ke pasar tradisional dan pusat perbelanjaan menyangkut harga tersebut.
 
Program tersebut, katanya, untuk menekan harga sembako yang cenderung naik setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM.
 
Kenaikan harga sembako di sejumlah pasar di Kota Pekanbaru naik berkisar Rp250 hingga Rp500 per kg untuk tepung, minyak goreng, dan hal itu merupakan masih dalam batas kewajaran.
 
Sesuai instruksi Menteri Perdagangan bahwa operasi pasar itu wajib dilaksanakan pemerintah daerah apabila ada kecenderungan harga kebutuhan masyarakat mulai naik.
 
Setelah adanya instruksi tersebut, katanya, pada pihaknya langsung mengadakan survei di Kecamatan Rumbai dan melakukan koordinasi dengan aparat setempat, maka digelar operasi pasar murah.
 
Menurut dia, pihaknya banyak menerima masukan dari warga Rumbai bahwa operasi pasar harus dilaksanakan, makanya dilakukan di lapangan dekat kantor kecamatan setempat.
 
Antusias warga untuk membeli paket sembako itu sangat tinggi karena lebih murah dibanding di pasar tradisional, demikian Elsyabrina. (tribunpekanbaru.com)